alexametrics


Solusi Tepat PJJ Matematika melalui Google Classroom

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh adalah proses belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh melalui berbagai media komunikasi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era sekarang ini telah memiliki pengaruh besar terhadap proses pembelajaran. Menurut Keengwe & Georgina (2012), perkembangan teknologi memberikan perubahan terhadap proses pembelajaran. Internet yang semakin luas dan canggih sebagai alat sarana untuk mempermudah pembelajaran. Pembelajaran berbasis daring (online) dibutuhkan sebagai sarana atau alat untuk pendukung proses pembelajaran jarak jauh saat ini.

Namun dalam melaksanakan pembelajaran daring pastinya ada keterbatasan kemampuan, sarana dan prasarana, baik berupa handphone, laptop maupun jaringan bagi guru dan siswa serta kemampuan dalam pemanfaatan teknologi. Walaupun demikian pelaksanaan pembelajaran daring harus tetap diupayakan berjalan agar proses transformasi ilmu pengetahuan kepada siswa tidak terganggu. Dengan berbagai keterbatasan dalam situasi pandemi Covid 19 menjadi tantangan seorang guru untuk terus mau belajar dan berlatih pembelajaran secara daring. Apalagi pelajaran matematika yang sering dianggap oleh siswa adalah pelajaran yang sulit dan membosankan, oleh karena itu guru harus mampu menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan dan inovatif bagi siswa serta kolaborasi media pembelajaran agar pembelajaran tidak monoton.

Salah satu strategi dan solusi pembelajaran yang tepat dan variatif dalam menyajikan materi khususnya pelajaran matematika dengan aplikasi Google Classroom. Dengan Google Classroom, guru tidak hanya mengirimkan tugas dan materi pembelajaran saja, tetapi sebagai media komunikasi untuk melaksanakan proses pembimbingan dan pendampingan kepada siswa. Google Classroom merupakan suatu media pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang diolah sesuai dengan kemampuan dan keinginan guru, karena tuntutan guru tidak hanya secara akademis tetapi juga kemampuan untuk berkomunikasi yang harus dilakukan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Penggunaan Google Classroom ini sesungguhnya mempermudah guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara cepat dan akurat kepada siswa (Hardiyana, 2015). Hal ini disebabkan karena hampir semua siswa memiliki telepon genggam untuk mengakses aplikasi google classroom. Selain mudah digunakan, dengan menggunakan Google Classroom guru bisa membuat kelas maya, mengajak siswa gabung dalam kelas, memberikan informasi terkait proses KBM, memberikan materi ajar yang bisa dipelajari siswa baik berupa file, Power Point maupun video pembelajaran, guru juga dapat memberikan tugas kepada siswa dan langsung bisa menilai dan memberi komentar, demikian pula siswa pun bisa melihat nilainy. Selain itu guru juga dapat membuat jadwal pengumpulan tugas, mengisi daftar hadir dan lain-lain. Melalui Google Classroom guru juga bisa untuk menambahkan link ulangan google formulir dari drive.

Proses pembelajaran melalui Google Classroom memberikan kemudahan bagi siswa dan guru karena adanya jalinan komunikasi secara langsung dan jelas, terutama komunikasi pembelajaran mengenai tugas dan materi yang disampaikan. Penggunaan media pembelajaran berbasis daring melalui Google Classroom inilah dapat mempermudah guru dalam kegiatan pembelajaran dan mempermudah siswa dalam belajar. Dengan pelaksanaan kegiatan pembelajaran secara daring, siswa merasa bahwa belajar dengan menggunakan aplikasi google classroom menjadi lebih asyik dan dapat berkomunikasi dengan mudah, walaupun belajar di rumah serasa di ruang kelas. Sehingga pembelajaran melalui Google Classroom dapat meningkatkan prestasi belajar matematika. Teknik pembelajaran menggunakan aplikasi Google Classroom ini diterapkan di SMP Negeri 3 Pemalang. (pg2/ton)

Guru Matematika SMP Negeri 3 Pemalang.

Terbaru

Vaksinasi Mulai Sasar Remaja

Populer

Lainnya