alexametrics


Si Kammi Tumbuhkan Rasa Senang Bahasa Inggris di Masa Pandemi-Covid-19

Oleh : Retna Indarwati, S.Pd

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi Covid-19 menimbulkan sejumlah problema. Rendahnya partisipasi belajar anak, menurunnya prestasi belajar mereka, hingga keluhan orang tua akan mahalnya biaya kuota.
Belum lagi bagi siswa yang tinggal di daerah pelosok. Kesulitan sinyal, menjadi kendala yang menghalangi mereka melakukan PJJ. Kondisi itu menimbulkan keprihatinan penulis sebagai guru bahasa Inggris di SMPN 3 Sawangan, Kabupaten Magelang.

Kebanyakan kita, ketika menonton film berbahasa Inggris, tidak akan terus terpaku pada teks (subtitles) di layar. Tetapi secara otomatis juga menyimak penggunaan dan pengucapan kata-kata para pemerannya. Kebiasaan tersebut membuat penulis lebih ‘waspada’. Kalau-kalau ada istilah yang belum pernah penulis dengar, namun bisa bermanfaat untuk diterapkan. Terutama dalam menulis. Berhubung daya ingat manusia terbatas, penulis mulai mencatat istilah-istilah penting yang disimak baik istilah formal, nonformal, sampai bahasa ‘kotor’ dalam bahasa Inggris.

Kamus Indonesia – Inggris. Buat pemula bahasa Inggris tentulah sesuatu hal yang menantang terutama bagi mereka yang sedang mendalami ilmu tentang bahasa Inggris. Bagi pelajar dasar yang baru memulai mempelajari kata demi kata bahasa Indonesia yang baik dan benar akan sangat berpengaruh dalam tingkat lanjut untuk pembelajaran ke bahasa Inggris.

Karena jika tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik, akan sulit untuk menguraikan persamaan bahasa Indonesia tersebut ke dalam bahasa Inggris jika menggunakan kamus Indonesia Inggris untuk tingkat dasar.

“Kami” adalah kamus mini. Sebuah media pembelajaran bahasa Inggris yang digunakan penulis dalam pembelajaran jarak jauh. Kamus mini bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Sehingga sangat bermanfaat dalam mencari kosakata yang terkait dengan teks.
Saat belajar bahasa Inggris dengan menggunakan kamus mini siswa akan lebih mudah menemukan kosakata sebanyak-banyaknya. Ke manapun siswa pergi atau keluar rumah siswa akan menemukan kosakata baru. Dengan menggunakan kamus mini siswa tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Karena hanya dengan membeli buku saku kecil yang digunakan untuk mencatat kosakata baru yang mereka temukan di dalam maupun di luar rumah, dengan sendirinya kosakata akan berkembang sesuai kebutuhan.

Hal ini dikuatkan oleh Flenn Fisher (2017) mengenai manfaat kamus mini. Yakni membantu mencari arti. Manfaat kamus yang pertama ini sebenarnya sudah sangat mendefinisikan apa arti kamus itu sendiri. Pertama, kamus jelas sekali memiliki fungsi utama untuk mencari arti ataupun definisi dari kata dalam bahasa asing yang tidak Anda ketahui. Kedua, merangsang kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan menggunakan kamus, Anda juga akan belajar mengenai pronunciation alias pengucapan kata dengan benar. Selain itu kamus mini juga memiliki manfaat, seperti menambah dan mengembangkan perbendaharaan kata, merangsang empat kemampuan utama bahasa Indonesia dan asing. Membaca (reading), saat siswa membaca kembali kata-kata yang sudah siswa tulis. Menulis (writing), saat siswa menuliskan apa yang mereka simak. Mendengarkan (listening), menyimak pemilihan, pengucapan, dan intonasi kata-kata. Berbicara (speaking), saat siswa menggunakannya dalam percakapan nyata. (pm2/lis)

Guru Bahasa Inggris SMPN 3 Sawangan, Kabupaten Magelang

Terbaru

Tempat Ibadah Harus Taat Prokes

Bentuk Jaringan Kerja Bantu Warga Isoman

Beri Dukungan sekaligus Serap Masalah PKL

Ponpes Area Komunal, Santri Jadi Prioritas

Populer

Lainnya