alexametrics


Efektivitas Pentablet dalam PJJ Konsep Hukum Newton

Oleh : Drs. Sumarno, M.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, KONSEP Hukum Newton meliputi Hukum I Newton, Hukum II Newton, Hukum III Newton, gaya normal, dan gaya gesek, yang semuanya melibatkan besaran vektor. Dari hasil investigasi terhadap beberapa siswa, diperoleh kesimpulan bahwa, sebagian besar siswa SMA kelas X MIPA mengalami kesulitan untuk memahami materi tentang hukum Newton. Ada beberapa penyebab kegagalan siswa dalam memahami hukum Newton diantaranya adalah: Sebagian besar siswa tidak mampu menggambar gaya–gaya yang bekerja pada suatu benda Sebagian besar siswa tidak mampu mengubah soal cerita dalam bentuk gambar. Ssebagaian besar siswa tidak bisa mengerjakan tugas yang berkaitan dengan gaya. Siswa tidak secara langsung melihat proses melukis gaya–gaya yang bekerja pada benda. Siswa tidak secara langsung melihat proses pembahasan soal yang berkaitan dengan hukum Newton.Untuk mengatasi masalah ini guru harus mencari solusi bagaimana caranya dalam PJJ konsep hukum Newton bisa secara langsung menggambar gaya–gaya yang bekerja pada benda dan menunjukkan kepada siswa proses pembahasan soal–soal yang berkaitan dengan hukum Newton.

Pentablet (Tablet Grafis) adalah Perangkat keras masukkan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer ,layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil. (Wikipedia). Dengan menambahkan alat pentablet (Tablet Grafis) pada laptop maupun SmartPhon maka guru akan dapat menjelaskan hukum Newton baik dalam menggambar gaya–gaya yang bekerja pada system benda maupun Pembahasan soal yang berkaitan dengan hukum Newton secara langsung.Menurut model pembelajaran Joyce dan Weil Siswa akan mudah menguasai pengetahuan dengan cara mengamati dan menerima instruksi langsung dari guru.Pentablet adalah alat bantu yang membuat siswa mengamati proses menggambar,dan menerima instruksi langsung dari guru maka pentablet dapat mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep hokum Newton.

Cara mengajarkan hukum Newton secara PJJ menggunakan Pentablet. Proses Belajar Mengajar berlangsung seperti biasa melalui tahapan–tahapan Pembukaan Kegiatan Inti Dan Penutup. Tahapan Pembukaan dilaksanakan seperti pada saat sebelum menggunakan Pentablet. Pada tahapan kegiatan inti yaitu sesi diskusi tentang materi hukum Newton yang telah diberikan sehari sebelum PJJ baru menggunakan pentablet. Pentablet ysng sudah dihubungkan laptop ataupun SmartPhon digunakan untuk Mengulas tentang hukum I Newton dengan menggambar gaya–gaya yang bekerja pada system benda hingga jika dijumlahkan hasilnya adalah nol, selanjutnya guru memberikan beberapa contoh menggambar benda di atas bidang datar maupun bidang miring dengan beberapa gaya jika dijumlahkan hasilnya nol.

Mengulas hukum II newton dengan menggambar gaya–gaya yang bekerja pada benda yang jumlahnya tidak nol dan menghitung percepatan yang dialami benda, selanjutnya memberika contoh proses menggambar sebuah system benda di atas bidang datar maupun bidang miring dengan beberapa gaya, siswa diminta untuk menentukan percepatan yang dialami benda. Mengulas hukum III Newton dengan menggambar gaya aksi reaksi yang bekerja pada sistem benda. Selanjutnya memberikan contoh cara menggambar gaya–gaya yang bekerja pada sistem benda siswa dimunta untuk menentukan pasangan gaya aksi–reaksi.

Mengulas tentang gaya Normal. Selanjutnya Guru memberikan beberapa contoh cara menggambar benda beserta gaya yang bekerja pada benda. Misalnya: Benda di atas bidang datar tanpa gaya luar. Benda di atas bidang datar dengan gaya luar menekan benda ke bawah. Benda di atas bidang datar dengan gaya luar menarik benda ke atas. Benda di atas bidang datar dengan menekan benda membentuk sudut terhadap bidang datar. Benda di atas bidang miring. Mengulas Gaya Gesek dengan menggambar benda di atas bidang datar ditarik dengan gaya mendatar yang berubah–ubah untuk menentukan gaya gesek yang bekerja pada benda, baik itu gaya gesek statis maupun kinetis. Pada kegiatan penutup guru menggunakan pentablet untuk membuat gambar beberapa benda yang yang berkaitan dengan konsep tentang hukum I Newton, hokum II Newton, hokum III Newton, gaya normal dan gaya gesek siswa diminta untuk melengkapi gambar gaya – gaya yang bekerja pada system benda sebagai tugas mandiri.

Dengan menggunakan Pentablet kesulitan–kesulitan siswa tentang menggambar gaya–gaya yang bekerja pada sistem benda, menyelesaiakn soal–soal tentang konsep hukum Newton akan teratasi. Hal ini disebabkan karena siswa dapat melihat secara langsung bagaimana bapak ibu guru menggambar gaya–gaya yang bekerja pada system benda.bapak ibu guru melakukan pembahasan soal–soal yang berkaitan dengan hukum Newton. Dengan demikian penggunaan Pentablet pada PJJ konsep hukum Newton sangat efektif. Seperti yang diterapkan di SMAN 2 Semarang. (lbs2/zal)
Guru SMAN 2 Semarang

Guru Fisika SMA N 2 Semarang

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer