alexametrics


Belajar Matematika Asyik dengan Mathmagic

Oleh: Dyah Utaminingsih, S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Bidang pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat penting dan memerlukan perhatian khusus dari semua lapisan masyarakat. Freire (Yunus, 2005: 1) menyatakan pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mengembalikan fungsi manusia menjadi manusia agar terhindar dari berbagai bentuk penindasan, kebodohan sampai kepada ketertinggalan. Di dalam prosesnya pendidikan selalu mengalami perubahan selaras dengan proses pertumbuhan suatu masyarakat.

Perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan biasanya diikuti oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena kemajuan tersebut tentu saja harus didukung oleh setiap pelaku pendidikan agar pendidikan dapat diselaraskan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Guru selaku pelaku pendidikan harus memberikan wawasan kepada siswanya agar turut serta membangun iklim pendidikan. Dalam peranannya pelaku pendidikan mengarahkan siswanya untuk berpikir kretif dan inovatif serta menarik.

Berbagai macam cara ditempuh untuk terus menciptakan metode pembelajaran yang kreatif, inovatif serta menarik minat siswa terhadap matematika, karena matematika menurut sebagian besar siswa merupakan pelajaran yang sangat sulit. Banyak metode pembelajaran yang berkembang dewasa ini yang telah diciptakan untuk memudahkan siswa untuk menyukai matematika diantaranya adalah metode belajar mathmagic.

Metode mathmagic adalah metode pembelajaran matematika yang menitikberatkan pada pemahaman siswa akan konsep dasar matematika yang benar. Pembelajaran mathmagic menggunakan berbagai macam permainan sehingga menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan bagi siswa. Pembelajaran yang dilakukan dengan hati yang riang gembira akan meninggalkan kesan yang mendalam sehingga siswa akan lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan.

Dalam proses pembelajarannya, metode mathmagic akan meningkatkan rasa percaya diri siswa, sehingga mereka akan mampu dan berani untuk mengerjakan soal dan mencoba untuk menyelesaikannya. Handojo (2007) menyatakan bahwa metode mathmagic tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mudah dipelajari. Dengan mathmagic pengerjaan hitungan dasar akan menjadi jauh lebih mudah dan sederhana sehingga akan tertanam suatu kesan awal bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan.

Metode mathmagic diperuntukkan bagi siswa-siswa yang sudah mengenal berhitung dengan metode Konvensional dari penjumlahan hingga perkalian, tidak bagi siswa yang masih dalam proses mengenal bilangan atau Matematika. Dalam metode mathmagic tidak semata-mata mengutamakan kecepatan, namun juga kebenaran dan logika jawaban yang dihasilkan. Secara prinsip dalam metode mathmagic, setiap persoalan perhitungan (+, -, x,:) dikerjakan dengan strategi yang sesuai untuk mendapatkan jawaban yang sederhana, mudah, cepat dan tepat.

Dalam pelajaran matematika di SMPN 2 Gemuh, mathmagic digunakan dalam materi operasi hitung bilangan bulat, dimana siswa dapat menjawab soal perkalian dengan cara yang cepat dan tepat, tanpa perlu menggunakan alat bantu. Metode ini membantu meningkatkan rasa percaya diri siswa, sehingga akan meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran matematika, dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMPN 2 Gemuh.

Kelebihan belajar Mathmagic: 1) Tidak memerlukan alat bantu apapun, kecuali alat tulis menulis, itupun jika diperlukan, 2) Dapat digunakan oleh siapa saja, baik siswa yang tidak berbakat maupun yang berbakat matematika, dan 3) Rasa percaya diri sang siswa akan bertambah setelah sang siswa mengetahui cara penggunaanya sehingga akan berkorelasi positif terhadap pelajaran matematika. Mathmagic dapat menjadi terobosan belajar yang menyenangkan bagi siswa dalam mempelajari matematika. Karena dapat diaplikasikan dengan mudah oleh siswa dan dilakukan oleh guru sehingga dapat menarik minat siswa dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. (lbs2/ton)

Guru SMP Negeri 2 Gemuh Kabupaten Kendal.

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer