alexametrics


Strategi Belajar IPA di Masa Pandemi

Oleh: Henny Fitriasari, S.Pd.SD.

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, KEBERHASILAN guru dalam melaksanakan pembelajaran dapat dilihat dari siswa menguasai atau tidaknya materi pembelajaran yang sudah diberikan. Menurut Slameto (2010:2), Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Di masa Pandemi Covid-19 ini, yang mengharuskan siswa melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat guru senantiasa dituntut untuk mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswanya. Dalam melakukan kegiatan pembelajaranpun, guru harus mempertimbangkan berbagai aspek, seperti masalah kesulitan jaringan internet, keadaan ekonomi keluarga siswa, juga pendidikan keluarga siswa. Karena tempat tinggal siswa-siswi SDN 01 Banjarsari berada di daerah pedesaan, maka lingkungan sekitar tempat tinggal mereka dapat dijadikan sebagai sumber belajar di masa pandemi ini.

Lingkungan sekitar dapat digunakan sebagai sumber belajar yang relevan dan lebih menarik bagi siswa. Karjiyadi (2012:11), menyatakan bahwa Pembelajaran Berbasis Lingkungan mengarah pada pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajarnya. Proses pembelajaran akan lebih menarik dan bermanfaat bagi siswa bila menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Proses pembelajaran berbasis lingkungan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pemahaman dan kompetensi yang diharapkan, dengan cara melakukan pengamatan, wawancara dan melakukan secara langsung apa apa yang ada di lingkungan sekitar mereka tinggal.

Penerapan pembelajaran berbasis lingkungan ini telah dilaksanakan oleh siswa-siswi kelas IV SDN 01 Banjarsari pada mata pelajaran IPA materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Sebelum kegiatan pembelajaran, guru mempersiapkan RPP dan LK. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jarak tempat tinggal siswa. Pada kegiatan pembelajaran, siswa bekerjasama dengan kelompoknya mengamati tumbuh-tumbuhan yang ada di lingkungan tempat tinggal mereka kemudian menuliskan hasil pengamatan pada lembar kerja. Setiap kelompok juga harus mengirimkan foto kegiatan belajar mereka melalui WhatsApp grup kelas. Setelah pengamatan selesai, setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatan melalui video yang dikirimkan melalui WhatsApp grup. Di akhir kegiatan, guru memberikan penjelasan serta apresiasi kepada siswa melalui sebuah video untuk memberikan penguatan terhadap hasil yang mereka peroleh dari pengamatan.

Dari foto-foto kegiatan pembelajaran dan video presentasi setiap kelompok terlihat antusias dan keaktifan mereka dalam belajar bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis akar, daun, batang, dan fungsi dari tumbuh-tumbuhan yang mereka temukan secara langsung.

Lingkungan merupakan media pembelajaran yang secara langsung memberikan sumber pengetahuan dan pengalaman kepada siswa. Dengan mengedepankan pengalaman belajar dengan alam sekitar, siswa dapat dengan mudah memahami isi materi pembelajaran dan meningkatnya hasil belajar. Sehingga pembelajaran berbasis lingkungan efektif diterapkan di masa pandemi ini. (pg2/bas)

Guru SDN 01 Banjarsari, Kec. Talun, Kab. Pekalongan.

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer