alexametrics


Menyenangkan Belajar Hijaiyah dengan Metode Kata Kunci Bernyanyi

Oleh : Endang Sulistyaningsih, S.Pd.I

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan pada hakekatnya merupakan proses pendewasaan manusia menjadi manusia seutuhnya. Manusia seutuhnya meliputi keseluruhan dimensi kehidupan manusia: fisik, psikis, mental/moral, spiritual dan religius. Pendidikan dapat berlangsung secara formal di sekolah, informal di lembaga-lembaga pendidikan dan pelatihan dan nonformal dalam keluarga. Adanya pelajaran agama di sekolah di satu pihak sebagai upaya pemenuhan hakekat manusia sebagai makhluk religius. Sekaligus di lain pihak pemenuhan apa yang objektif dari para siswa akan kebutuhan pelayanan hidup keagamaan.

Pelaksanaan pelajaran agama di sekolah selama ini sudah berjalan. Sekolah-sekolah di Indonesia memberlakukan/memasukkan pelajaran agama dalam kurikulum. Pelajaran Pendidikan Agama merupakan salah satu pelajaran ‘wajib’, harus ada dan diterima oleh para siswa. Tetapi kebanyakan guru agama dalam menyampaikan materi secara ceramah saja, kemudian pemberian tugas. Hal ini menyebabkan mata pelajaran agama tidak diminati peserta didik. Terlihat siswa berkutat dengan kegiatannya sendiri, ngobrol dengan teman sebangkunya. Terutama materi pengenalan huruf hijaiyah pada anak kelas 1 dan 2 yang belum bisa membaca atau mengenal hruf hijaiyah.

Berhasil tidaknya suatu pembelajaran bergantung pada metode yang digunakan. Begitupun pada pengenalan huruf hijaiyah bagi anak usia kelas 1 dan 2. Melihat permasalahn yang dialami SDN 03 Sengare akhirnya penulis menerapkan metode baru. Yaitu metode Kreasi Kata Kunci dan Lagu untuk Pengenalan Huruf Hijaiayah. Siswa tidak diminta untuk menghafal huruf hijaiyah secara runtut dari alif hingga ya’. Dengan metode ini, anak tidak perlu belajar huruf hijaiyah secara putus-putus melainkan langsung dengan huruf bersambung. Metode kata kunci adalah salah satu strategi mnemonic, yang digunakan untuk memberi makna, mengelompokkan, dan membayangkan materi yang dianggap sulit diingat apabila tidak menggunakan strategi ini. Metode ini membagi pembelajaran sebuah kata asing ke dalam dua tahapan. Tahap yang pertama melibatkan asosiasi kata asing yang diucapkan dengan kata dalam bahasa Indonesia atau bahasa lokal yang terdengar kurang lebih seperti bagian dari kata asing tersebut. Tahap yang kedua, subjek mampu membentuk suatu gambaran mental yang menggambarkan interaksi antara kata kunci dengan terjemahan kosa kata bahasa asing. Gambaran mental yang dibentuk mungkin dapat berupa sesuatu yang aneh dan tidak masuk akal atau tidak sepatutnya sesuai seperti apa yang diinginkan subjek, agar membuat gambaran mental tersebut hidup dan mudah untuk diingat. metode bernyanyi adalah metode pembelajaran yang menggunakan nyanyian sebagai wahana belajar anak.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam langkah-langkah metode menyanyi, yaitu sebagai berikut: Pertama, guru mengetahui dengan jelas isi pokok materi yang akan diajarkan. Kedua, merumuskan dengan benar informasi/ konsep/ fakta materi baru apa saja yang harus dikuasai/dihafalkan oleh peserta didik. Ketiga, memilih nada lagu yang familiar di kalangan peserta didik. Keempat, menyusun informasi/konsep/fakta materi yang kita inginkan untuk dikuasai peserta didik dalam bentuk lirik lagu yang disesuaikan dengan nada lagu yang dipilih. Kelima, guru harus mempraktikkan terlebih dahulu menyanyikannya. Keenam, mendemonstrasikannya bersama-sama secara berulang-ulang. Ketujuh, usahakan untuk diikuti dengan gerak tubuh yang sesuai. Mengajukan pertanyaan seputar materi tersebut untuk mengukur apakah siswa sudah dapat menghafal dan menguasainya melalui lagu yang dinyanyikan tersebut.

Dengan metode bernyanyi harapannya supaya siswa yang belum hafal hijaiyah memudahkan menghafal hijaiyah. Karena dengan bernyanyi dapat memberi efek menenangkan bagi anak. Hal ini akan sangat baik untuk perkembangan anak, dia akan lebih cepat menerima pelajaran karena suasana belajar yang menyenangkan. (ce5/ton)

Guru PAI SDN 03 Sengare Kec. Talun Kab. Pekalongan

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer