alexametrics


PJJ IPA Menarik dengan Praktik Pembuatan Biopori

Oleh : Moch Yusuf Alwi,S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Di massa pandemi Covid-19 ini, proses pembelajaran dilakukan dari rumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring dengan menggunakan berbagai sumber belajar termasuk lingkungan sekitar rumah.

Tujuan mata pelajaran IPA di SMP/MTs antara lain menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktifitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan. Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana untuk menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan. Penekanan pembelajarannya meliputi “salingtemas” (sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) secara terpadu yang diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi seswa.

PJJ IPA di SMP Negeri 1 Patean salah satunya menggunakan metode praktik agar menumbuhkan sikap mandiri, teliti, rasa ingin tahu dari peserta didik. Metode praktik yaitu cara menyampaikan bahan pelajaran dengan memberikan kesempatan berlatih kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan sebagai penerapan pengetahuan yang telah mereka pelajari sebelumnya, untuk mencapai tujuan pengajaran.

Menurut Hegarty-Hazel seperti dikutip Lazarowitz dan Tamir (1994), praktikum adalah suatu bentuk kerja praktik yang bertempat dalam lingkungan yang disesuaikan dengan tujuan agar siswa terlibat dalam pengalaman belajar yang terencana dan berinteraksi dengan peralatan untuk mengobservasi serta memahami fenomena.

Produk teknologi sederhana yang ramah lingkungan salah satunya pembuatan biopori. Siswa melakukan praktik secara langsung di sekitar rumah masing-masing dengan menggunakan peralatan linggis, solder/bor, paralon dan penutupnya. Siswa mencari tahu terlebih dahulu pengetahuan tentang biopori.

Menurut tim biopori IPB (2007), biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk akibat berbagai aktifitas organisme di dalamnya seperti cacing, perakaran tanaman, rayap, dan fauna tanah lainnya. Kegunaan biopori menurut Griya (2008) antara lain mencegah banjir, sebagai tempat pembuangan sampah organik, menyuburkan tanaman, meningkatkan kualitas air tanah.

Langkah pembelajaran yang dilakukan guru dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) praktik pembuatan biopori adalah pertama menginformasikan materi pembelajaran yang harus dipelajari yang meliputi apa itu biopori. Apa saja manfaatnya, bagaimana cara membuat, alat bahan apa saja yang diperlukan untuk pembuatan dan bagaimana cara perawatannya.

Kedua, siswa diberikan perintah untuk menggunakan LKS (Lembar Kerja Siswa) dalam menentukan judul, tujuan praktik, alat dan bahan yang diperlukan, langkah kerja, hasil praktik yang bisa berupa video pembuatan. Serta kesimpulan.

Dikarenakan praktik terbimbing maka langkah ketiga membuat petunjuk langkah-langkah yang harus ditempuh selama praktik secara sistematis termasuk memperingatkan terhadap hal-hal yang membahayakan.

Keempat memberitahukan alat dan bahan yang akan diperlukan. Kelima, selama proses praktik berlangsung guru mengamati/memantau siswa, menerima pertanyaan dan memberi jawaban, memotivasi dan membantu mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa.

Keenam meminta siswa untuk membuat laporan untuk diperiksa serta mendiskusikan lewat WhatsApp grup. Pembuatan biopori materi pembelajaran kelas IX semester 2 SMP Negeri 1 Patean, Kendal sebagai praktik di rumah dapat membangkitkan motivasi belajar. Mengembangkan keterampilan sebagai penunjang pemahaman terhadap materi pelajaran, menumbuhkan sikap mandiri, teliti, dan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga pembelajaran menarik untuk dilaksanakan. (ti2/lis)

Guru IPA SMP Negeri 1 Patean, Kendal

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer