alexametrics


Pahami Makna Proklamasi Kemerdekaan dengan Metode Role Playing

Oleh: Yuli Leny Marlina, S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, ILMU Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan perpaduan antara ilmu sosial dan kehidupan manusia yang didalamnya mencakup antropologi, ekonomi, geografi, sejarah, hukum, filsafat, ilmu politik, sosiologi, agama, dan psikologi (Susanto, 2013: 139). Tujuan pembelajaran IPS pada tingkat Sekolah Dasar adalah membantu mengembangkan kemampuan dan wawasan siswa yang menyeluruh (komprehensif) tentang berbagai aspek ilmu-ilmu sosial dan kemanusiaan (humaniora). Melalui mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga Negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab yang paham akan sejarah bangsa. Salah satu materi IPS yang dipelajari oleh siswa kelas VI pada Tema 6 adalah Makna Proklamasi Kemerdekaan.

Materi ini mencakup KD3.4 tentang Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera serta KD.4.4 tentang Menyajikan laporan tentang makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan.

Berbagai masalah dihadapi siswa kelas VI dalam aktivitas pembelajaran IPS di SDN 01 Gunungtiga Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang yang dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar. Kurangnya keaktifan siswa dalam bertanya, menjawab, dan memberikan komentar dalam kegiatan pembelajaran menjadikan aktifitas yang berlangsung terkesan hanya searah (teacher center). Siswa cenderung merasa jenuh dan bosan sehingga Hasil belajar IPS yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Sehingga dibutuhkan metode belajar menarik yang mampu meningkatkan aktifitas kelas dan ketuntasan dalam pembelajaran IPS.

Metode adalah suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, Syaiful Bahri (2016). Metode role playing (bermain peran) adalah suatu cara penguasaan materi pembelajaran melalui pengembangan dan penghayatan anak didik dalam bermain peran. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan oleh anak didik dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Dengan kegiatan memerankan ini akan membuat anak didik lebih meresapi perolehannya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan metode bermain peran ini adalah penentuan topik, penentuan anggota pemeran, pembuatan lembar kerja ,latihan singkat dialog dan pelaksanaan permainan peran. Adapun langkah langkah pembelajaran yang dilakukan dalam penggunaan metode role playing adalah sebagai berikut : Pertama, Guru menyusun sekenario pembelajaran tentang makna proklamasi yang akan ditampilkan. Kedua, Menunjuk beberapa siswa dalam kelompok untuk mempelajari sekenario dua hari sebelum KBM. Ketiga, guru Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Keempat, guru Memanggil siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan sekenario yang sudah dipersiapkan. Kelima, Masing – masing siswa duduk dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati sekenario yang sedang diperagakan, setelahnya siswa diberikan lembar kerja untuk dibahas dalam kelompok. Langkah terakhir, Masing – masing kelompok menyampaikan hasil pekerjaanya dan guru Bersama sama dengan siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

Kesimpulan dari Penerapan metode pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran IPS kelas VI dengan materi pokok makna proklamasi kemerdekaan di SDN 01 Gunungtiga Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Terbukti banyak siswa yang merasa senang dalam mengikuti tahap demi tahap pada metode ini. Sedangkan secara akademik model ini juga mampu meningkatkan rata rata nilai kelas pada mapel IPS hingga mencapai 71 dan dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%. Dengan demikian metode Role Playing sangat tepat untuk dijadikan salah satu metode pilihan yang mampu membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan (Fun Learning) serta mampu meningkatkan ketercapaian ketuntasan pembelajaran. (gb1/zal)

Guru SDN 01 Gunungtiga, Pemalang

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer