alexametrics


Layanan Bimbingan Kelompok Tingkatkan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Peserta Didik di Kelas

Oleh : Sriyati, S.Psi

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Kenyataan di kelas banyak sekali peserta didik yang kurang mampu menyampaikan pendapat. Sebagian peserta didik tampak pasif, hanya sedikit peserta didik yang berani menyampaikan pendapatnya. Begitu pula hanya sedikit yang berani menanggapi atau bertanya.
Sebagian besar peserta didik tidak berani dan kurang mampu dalam menyampaikan pendapat, sebagian ada yang kurang jelas apa yang menjadi pendapatnya. Ada yang hanya singkat bicaranya dan susah untuk dipahami. Ada yang kurang lancar dan susah payah dalam berbicara. Begitu pula ada yang berpendapat kurang nyambung dengan topik pembahasan.

Ha itu terjadi banyak sekolah. Jenis layanan yang dilaksanakan masih banyak yang menggunakan informasi yang mana memang masih banyak menggunakan metode ceramah dan tanya jawab kayaknya kurang tepat untuk membahas topik meyampaikan pendapat pribadi.

Untuk itulah perlu adanya perubahan layanan agar peserta didik yang tadinya kurang mampu menyampaikan pendapat dapat meningkat kemampuannya dalam menyampaikan pendapat. Dengan demikian apa yang menjadi tujuan kegiatan layanan bimbingan lebih dapat tercapai. Yaitu peserta didik mampu memahami isi layanan sekaligus mampu menanggapi dan menyampaikan pendapatnya. Lebih lanjut diharapkan peserta didik yang takut menyampaikan pendapat atau bertanya maka peserta didik menjadi berani menyampaikan pendapat ataupun bertanya.

Dengan meningkatnya kemampuan menyampaikan pendapat dan keberanian bertanya diharapkan dapat membantu peserta didik dalam proses belajar di dalam maupun di luar kelas.

Layanan yang dimaksud adalah bimbingan kelompok. Gazda (dalam Prayitno dan Erman Amti, 2004: 309-310) mengemukakan bimbingan kelompok di sekolah merupakan kegiatan informasi kepada sekelompok siswa untuk membantu mereka menyusun rencana dan keputusan yang tepat. Bimbingan kelompok diselenggarakan untuk memberikan informasi yang bersifat personal, vokasional, dan sosial.

Dalam Modul 5 tentang Teori dan Praksis Bimbingan dan Konseling oleh PPPPTK Penjas dan BK halaman 27 disebutkan bimbingan kelompok yaitu layanan yang membantu peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan hubungan sosial, kegiatan belajar, karir/jabatan, dan pengambilan keputusan, serta melakukan kegiatan tertentu melalui dinamika kelompok.

Bimbingan kelompok mengaktifkan dinamika kelompok untuk membahas berbagai hal yang berguna bagi pengembaangan pribadi dan/atau pemecahan masalah individu yang menjadi peserta kegiatan kelompok.
Dalam bimbingan kelompok dibahas topik-topik umum yang menjadi kepedulian bersama anggota kelompok. Bimbingan kelompok beranggotakan sekitar 7 sampai 15 orang dipimpin oleh pemimpin kelompok. Biasanya oleh guru pembimbing. Pelaksanaan bimbingan kelompok ada empat tahap yang harus dilalui yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan terakhir tahap pengakhiran.

Di SMA N 1 Kradenan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan peserta 10-12 peserta didik, diadakan dalam satu ruang khusus. Sehingga terhindar dari kebisingan kelas lain. Dengan jumlah peserta yang sedikit ternyata membuat peserta didik berani ngomong atau berpendapat.

Tema yang diambil dalam kegiatan bimbingan kelompok disesuaikan dengan kesepakatan bersama kelompok tersebut. Dan dilakukan tiga kali dengan tema yang berbeda. Ternyata setelah tiga kali diadakan bimbingan kelompok, pada waktu di kelas peserta didik sudah ada perubahan dalam hal penyampaian pendapat. Pada saat diadakan tanya jawab banyak sekali siswa yang berani mengemukakan pendapatnya.

Layanan bimbingan kelompok ternyata sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan berpendapat peserta didik. Kesimpulannya semakin sering mengadakan bimbingan kelompok semakin berani untuk berpendapat, artinya latihan berpendapat sangat diperlukan. Hal itu sudah dilaksanakan di SMA N 1 Kradenan dan hasilnya sungguh menggembirakan, banyak guru mata pelajaran merasa terbantu sehingga kelas menjadi hidup. (ti2/lis)

Guru Bimbingan dan Konseling SMAN 1 Kradenan, Kabupaten Grobogan.

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer