alexametrics


Membumikan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda melalui Pembelajaran PPKn

Oleh : Dra. Rojinah

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 memberikan tantangan pada masyarakat. Untuk melawan Covid-19 pemerintah telah melarang berkerumun, melakukan pembatasan sosial (social distancing) dan menjaga jarak fisik (physical distancing), memakai masker dan selalu cuci tangan.

Peraturan tersebut akhirnya menumbuhkan sikap rasa sosial seseorang berkurang seperti sikap peduli, toleransi. Hal ini bisa kita lihat yang terjadi di masyarakat. Ada orang sakit tidak boleh dijenguk, apalagi ada seseorang yang terkena Covid setelah sembuh dihindari oleh tetangga. Sikap seperti ini tidak sesuai atau bertentangan dengan nilai-nilai dalam ideologi Pancasila.
Di samping itu ditunjang dengan era sekarang ini yang disebut dengan era milineal generasi muda sekarang ini mengenal Pancasila hanya dihafal. Tidak lagi dipahami maknanya atau kandungannya Pancasila itu sebagai ideologi sendiri. Tidak seperti zaman dahulu masyarakat mengenal Pancasila benar-benar dipahami, dihayati dan diamalkan. Misalnya melalui penataran P4 untuk mengenalkan dan menanamkan Pancasila sebagai ideologi Indonesia.

Maka, di era milenial ini, penting sekali menyegarkan gagasan Pancasila agar sesuai dengan konteks zaman. Untuk membangun benteng ideologi yang kokoh, generasi muda perlu diikutsertakan dan dilibatkan secara aktif dalam mengkampanyekan nilai-nilai Pancasila.

Terlebih, mereka cenderung mudah terpapar dengan virus ekstrimisme dan radikalisme. Dalam hal ini, media teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadi strategi yang cukup ampuh untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila secara lebih segar dan kontekstual.

Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia mengandung nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia (norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum) merupakan penjabaran lebih konkret dari nilai-nilai Pancasila, yang selanjutnya kaidah-kaidah normatif diimplementasikan dalam bentuk sikap dan perilaku, bahkan sebagai acuan dalam bersikap bagi bangsa Indonesia.

Seiring perkembangan zaman dan masuknya budaya barat melalui medsos ternyata nilai-nilai Pancasila yang sudah tertanam dan berkembang di masyarakat, sekarang hampir pudar. Bahkan ada sebagian yang pudar dan sudah tidak lagi dihiraukan oleh generasi muda. Hal ini membuat prihatin bagi generasi tua.

Maka untuk menumbuhkembangkan kembali dan membumikan nilai-nilai ideologi Pancasila yang menjadi acuan dalam bersikap dan bertindak dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, di sekolah-sekolah dari tingkat pendidikan SD sampai dengan perguruan tinggi diprogramkan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Penulis sebagai pendidik yang mengampu mata pelajaran PPKn di tingkat SMA Negeri 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan memberikan pembelajaran di kelas XI IPS dan XI IPA agar siswa mudah memahami nilai-nilai Pancasila dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning.

Model pembelajaran tersebut diartikan sebagai prosedur mengajar yang mementingkan pengajaran perseorangan, memanipulasi objek sebelum sampai pada generalisasi. Di sini siswa harus berperan aktif dalam belajar serta diarahkan untuk menemukan suatu konsep atau prinsip, guru berperan sebagai pembimbing dengan memberikan kesempatan untuk belajar secara aktif.

Guru memberikan materi rangsangan kepada siswa melakukan tanya jawab tentang nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi dimaksudkan supaya siswa memiliki keinginan untuk mendalami materi tersebut.
Di samping itu cara untuk membumikan (menanamkan) nilai-nilai ideologi Pancasila pada generasi penerus, bisa dengan cara lain. Seperti siswa aktif mengikuti pelatihan khusus karya ilmiah remaja, aktif dalam organisasi siswa serta pelatihan lain tentang Pancasila dan nasionalisme.

Demikianlah usaha dalam membumikan (menanamkan) nila-nilai ideologi Pancasila pada generasi penerus agar sungguh-sungguh dapat melaksanakan dan mengamalkannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di masa sekarang ini. (pg2/lis)

Guru SMAN 1 Kesesi, Kabupaten Pekalongan.

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer