alexametrics


Dengan GTG Belajar Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitarku Jadi Mengasyikkan

Oleh : Aminah, S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Guru harus bisa menciptakan pembelajaran dengan menyenangkan. Terlebih mengajar di kelas I. Guru harus kreatif dan inovatif sehingga siswa tidak bosan dalam belajar dan pembelajaran terasa mengasyikkan.

Karena itulah pembelajaran materi ”benda hidup dan tak hidup di sekitarku” pada siswa kelas I SDN 04 Randudongkal, guru berkreatifitas menggunakan ”GTG atau gunting dan tempel gambar”. Dengan menggunakan GTG harapannya siswa dapat belajar dengan aktif, belajar terasa mengasyikkan. Sehingga tujuan pembelajaranpun akan tercapai sesuai harapan.

Menurut E Mulyasa (2011:69), dalam bukunya berjudul Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, pembelajaran merupakan suatu proses yang kompleks dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan.

Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, diperlukan keterampilan. Di antaranya adalah keterampilan pembelajaran atau keterampilan mengajar.

E Mulyasa mengatakan, “Ada 8 keterampilan mengajar yang sangat berperan dan menentukan kualitas pembelajaran. Yaitu keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi, menjelaskan, membuka dan menutup pelajaran, membimbing diskusi kelompok kecil, mengelola kelas serta mengajar kelompok kecil dan perorangan.”

Sedangkan menurut Slameto (2010:145), dalam bukunya berjudul Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya kreatifitas berhubungan dengan penemuan sesuatu, mengenai hal yang menghasilkan sesuatu yang baru dengan menggunakan sesuatu yang telah ada.

Dapat disimpulkan kreativitas merupakan suatu proses berpikir yang lancar dalam menciptakan suatu gagasan serta membawa seseorang berusaha menemukan metode dan cara baru di dalam memecahkan suatu masalah. Berkaitan dengan hal ini pada pembelajaran siswa kelas I di SDN 04 Randudongkal guru tidak hanya menyampaikan materi dengan ceramah. Akan tetapi guru membagikan lembar kerja berupa gambar (materi terkait) dan mengajak siswa menggunting gambar dan menempelkan (dengan cara mengelemnya terlebih dulu) di kertas hvs.

Siswa merasa senang, antusias dan aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, apalagi saat guru menjelaskan hasil kerja siswa bisa dibawa pulang untuk ditempel di dinding kamar masing-masing semua siswa gembira.

Langkah-langkah pembelajaran GTG belajar benda hidup dan tak hidup di sekitarku di kelas 1 SDN 04 Randudongkal, sebagai berikut: guru memberi penjelasan materi yang akan dipelajari. Guru menjelaskan alur pembelajaran dengan teknik GTG, dengan langsung mendemonstrasikan agar siswa memahaminya. Guru membagikan lembar kerja siswa. Lalu membagikan gunting dan lem. Siswa mengerjakan tugas sesuai arahan guru. Guru memberikan penguatan, dengan tanya jawab hal-hal yang belum dipahami siswa.

Kelebihan pembelajaran dengan gunting tempel gambar menurut Nelfia (2012) sebagai berikut : alat dan bahan yang digunakan mudah dikreasikan menjadi bentuk yang menarik. Melatih kesabaran anak dalam melakukan porses kegiatan. Alat dan bahan mudah ditemukan disekitar anak. Dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Adapun manfaatnya menurut Sandra Talogo (2008) menyatakan bahwa manfaat dari menempel dan menggunting adalah sebagai berikut : melatih motorik halus, melatih koordinasi tangan-mata, dan konsentrasi. Meningkatkan kepercayaan diri. Ungkapkan ekspresi dan mengasah kognitif koordinasi mata dan tangan.

Kegiatan pembelajaran ”benda hidup dan tak hidup di sekitarku”, dengan gunting, tempel, gambar berhasil menggerakkan keaktifan siswa, dan menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar. Dengan teknik GTG hasil belajar siswa pada materi ”benda hidup dan tak hidup di sekitarku” dapat mencapai nilai rata-rata jauh di atas KKM sekolah. (pg2/lis)

Guru SD Negeri 04 Randudongkal, Pemalang.

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer