alexametrics

Metode Inside-Outside Circle Tingkatkan Hasil Belajar tentang Hari Akhir

Oleh : Agus Sugiyanto, S.Pd.I, M.Pd.

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Guru memiliki peranan penting dalam menentukan kualitas pembelajaran. Oleh sebab itu, guru harus membuat perencanaan pembelajaran secara matang. Guru berperan sebagai fasilitator dalam menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif, sehingga memungkinkan proses pembelajaran yang meningkatkan kemampuan siswa untuk menguasai tujuan-tujuan pendidikan.

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif. Namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas dengan bekerja dalam kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain.

Dalam materi Meyakini adanya Hari Akhir guru dapat menggunakan metode Inside-Outside Circle (IOC). Metode Inside-Outside Circle merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif (Suprijono, 2009). Metode Inside-Outside Circle ini dikembangkan oleh Spencer Kagan untuk memungkinkan interaksi antara siswa satu dengan siswa lainnya tanpa diliputi rasa takut salah pada saat mengungkapkan pendapatnya. Metode pembelajaran ini menuntut siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda secara singkat dan teratur. Sehingga hasil yang diharapkan nantinya, siswa dapat belajar untuk dapat mengemukakan gagasan serta pendapatnya tersebut di dalam kelompok yang kita sebut “Lingkaran Kecil Lingkaran Besar” secara maksimal, tanpa ada kekhawatiran melakukan kesalahan dan jadi bahan cemoohan temannya yang lain. Hal ini akan memacu semangat belajar dan meningkatkan prestasi siswa.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan guru ketika menerapkan metode Inside-Outside Circle (IOC) materi Meyakini adanya Hari Akhir, sebagai berikut: 1) Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar. 2) Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama dan menghadap ke dalam. 3) Kemudian dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan. 4) Siswa yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga masing-masing siswa mendapatkan pasangan baru. 5) Giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya. 6) Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk maju ke depan kelas menyampaikan pengertian hari akhir dan nama-nama hari akhir. 7) Siswa diberi kesempatan oleh guru untuk menanyakan materi pembelajaran PAI khususnya tentang hari akhir. 8) Guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran berupa tanya jawab dan menyimpulkan. 9) Guru menilai/mengambil hasil belajar melalui lembar tes formatif yang telah disiapkan.

Pembelajaran PAI materi Meyakini adanya Hari Akhir di SDN Joho 01 Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo menggunakan metode Inside-Outside Circle (IOC) berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran PAI pada indikator menjelaskan pengertian hari akhir dan menyebutkan nama-nama hari akhir yang paling dominan adalah bekerja dengan menggunakan alat/media, mendengarkan/memperhatikan penjelasan guru, dan inside-outside circle antar siswa/antara siswa dengan guru. Jadi dapat dikatakan bahwa aktivitas siswa dapat dikategorikan aktif. (ti1/ton)

Guru PAI SDN Joho 01 Kec. Mojolaban Kab. Sukoharjo

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer