alexametrics

Mengenal Tata Surya dengan Game Android

Oleh : Burhan Aziz, S.Pd.SD

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Pandemi yang menimpa Indonesia sejak awal 2020 sudah banyak memberikan dampak, tak terkecuali di dunia pendidikan. Dengan diterbitkannya Surat Edaran Kemendikbud No. 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19) maka pembelajaran tatap muka resmi dialihkan menjadi pembelajaran daring.

Pengalihan pembelajaran daring yang berbeda hampir 180 derajat dengan pembelajaran tatap muka di kelas membuat siswa merasa kurang nyaman, bahkan tidak jarang guru mengalami kesulitan dalam memanfaatkan teknologi digital yang ada.

Beberapa permasalahan ini menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan. Terlebih lagi, minat belajar siswa nyaris hilang. Mereka lebih memilih menghabiskan waktunya untuk bermain game ketimbang belajar. Situasi yang dihadapi saat ini merupakan sebuah dampak nyata dari pandemi Covid-19. Mengapa tidak? Jika situasi tidak baik ini dibiarkan terlalu lama, rasa malas siswa akan lebih menjadi-jadi dan pada berdampak pada kualitas pendidikan yang semakin menurun.

Guru harus dapat mencari sebuah solusi inovatif dalam menyelesaikannya. Maraknya teknologi saat ini, akan mempermudah pembelajaran. Peran teknologi sebagai media pembelajaran akan cukup membantu mengefektifkan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Pendidik mempunyai fungsi untuk menciptakan suasana pendidikan bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis (Mulyasa, 2013: 98). Pembelajaran akan berlangsung efektif jika media yang digunakan dekat dengan siswa. Dalam artian, mudah digunakan siswa, mudah dipahami oleh siswa, dan memiliki daya tarik tinggi terhadap siswa. Smartphone adalah salah satu media tersebut.

Untuk itu guru dapat memanfaatkan aplikasi edukasi berbasis android yang bisa diakses anak-anak untuk menunjang pembelajaran. Jadi siswa tidak lagi menggunakan smartphone untuk bermain game dikarenakan metode pembelajaran yang membosankan namun juga digunakan untuk belajar.

Salah satunya adalah pembelajaran yang dilakukan oleh penulis pada kelas VI SD Negeri Satriyan 01 Kecamatan Tersono Kabupaten Batang pada KD Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi, revolusi bulan, dan peristiwa terjadinya gerhana bulan, dan gerhana matahari, dengan menggunakan game berbasis android. Aplikasi yang bisa digunakan antara lain Secil Tata Surya, Belajar Tata Surya, Marbel Tata Surya atau aplikasi sejenis yang bisa di unduh secara gratis di Playstore menggunakan smartphone. Dengan aplikasi tersebut siswa dapat memahami peristiwa alam seputar matahari, bumi, dan bulan.

Pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran adalah solusi yang tepat. Smartphone sebagai media pembelajaran akan memunculkan sebuah daya tarik tersendiri. Adanya daya tarik ini akan membuat siswa menjadi termotivasi untuk belajar. Hadirnya aplikasi berbasis android ini diharapkan dapat membantu guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa juga membantu memudahkan tugas orang tua dalam membimbing anaknya dalam belajar.

Hampir semua siswa mengatakan bahwa aplikasi ini sangatlah efektif untuk digunakan sebagai media mempelajaran dalam mengenal planet-planet dalam tata surya. Mereka merasa senang karena dapat bermain sambal belajar.

Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis android bukan hanya meningkatkan motivasi siswa dalam belajar namun juga dapat membuat materi menjadi lebih mudah dipahami. (ti2/ton)

Guru SDN Satriyan 01 Kec. Tersono, Kab. Batang.

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer