alexametrics

Belajar Bangun Ruang dengan Bermain Game

Oleh : Arfa Anis, S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Perkembangan teknologi saat ini yang pesat berpengaruh terhadap proses pembelajaran disekolah dasar dan berpengaruh juga pada materi pembelajaran serta cara penyampaian materi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Smartphone mengalami perkembangan pesat terutama smartphone dengan sistem operasi Android dan dapat memadukan teks, gambar, suara, atau animasi.
Pada tahap pendidikan anak sekolah dasar akan lebih tertarik dengan permainan yang ada di dalam ponsel android daripada permainan tradisional. Pada saat ini siswa usia sekolah dasar akan lebih cenderung tertarik dengan permainan yang mudah dimainkan dan di dalamnya terdapat gambar animasi dan teks yang menarik perhatian.

Saat ini kebanyakan pembelajaran di sekolah dasar masih menggunakan metode pengajaran menggunakan media buku, atau hanya grup WA kelas seperti halnya di SD Negeri Kebumen 01. Terlebih di masa pandemi seperti ini, guru hanya bisa memberikan contoh lewat gambar.

Maka dari itu siswa mulai bosan saat belajar dan lebih cenderung bermain dengan smartphone. Hal ini dapat disebabkan kurang ketertarikan dan kurangnya perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran yang sedang berlangsung. Selain itu materi yang disampaikan juga kurang diserap oleh siswa.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba menggunakan strategi baru dalam kegiatan pembelajaran matematika kelas VI SD Negeri Kebumen 01 Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi prisma, tabung, limas, kerucut, dan bola dengan menggunakan game edukasi berbasis android.

Game edukasi adalah salah satu jenis media yang digunakan untuk memberikan pengajaran , menambah pengetahuan penggunanya melalui suatu media unik dan menarik. Game edukasi juga merupakan game yang di dalamnya terdapat unsur edukasi dan pembelajaran serta penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi siswa.

Siswa dapat mengenal dan mengidentifikasi bangun ruang dengan menggunakan game android bernama Game Edukasi Bangun Ruang yang bisa diunduh secara gratis di Play Store. Di dalam game tersebut terdapat materi sifat-sifat bangun ruang dan rumus-rumus untuk menhitung volume dan luas permukaan dari bangun ruang. Selain itu di dalam game tersebut juga terdapat permainan yang dapat menguji pengetahuan siswa berkaitan dengan bangun ruang.

Dengan menggunakan Game Edukasi Bangun Ruang siswa menjadi lebih bersemangat dalam mempelajari materi tersebut dan mereka juga tidak cepat merasa bosan, sehingga materi bisa dipahami oleh siswa dengan lebih baik. Berdasarkan hasil pretest dan posttest menggunakan media pembelajaran ini, mampu meningkatkan kemampuan pemahaman siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran ini.

Tentu ada kendala dalam penggunaan media pembelajaran ini. Seperti kurangnya sarana prasarana dan daya dukung untuk menggunakan media pembelajaran tersebut misalnya ada siswa yang belum mempunyai smartphone atau terkendala dengan sinyal yang digunakan untuk mengunduh aplikasi tersebut bahkan mungkin kuota data internet yang tidak mencukupi. Tetapi setidaknya aplikasi tersebut bisa membantu guru dalam meyampaikan materi dan membantu siswa dalam memahami materi bangun ruang. (ti2/lis)

Guru SDN Kebumen 01 Kec. Tersono, Kabupaten Batang.

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer