alexametrics


Mudah Pahami Simple Past Tense dengan Metode GTM

Oleh: Ambar Puspitaningrum, S.Pd

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami oleh sebagian peserta didik SMP adalah mata pelajaran bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena bahasa Inggris bukan bahasa sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah. Kenyataan di sekolah kebanyakan peserta didik mengalami masalah belajar mata pelajaran bahasa Inggris. Hal ini terlihat dari kurang aktifnya peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dan ditandai dengan rendahnya hasil belajar peserta didik.

Kondisi seperti ini menjadi tantangan bagi penulis sebagai guru bahasa Inggris untuk senantiasa berupaya menyajikan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik SMP Negeri 7 Pemalang, khususnya pada pembelajaran kelas VIII semester genap pada KD. 4.10 materi Simple Past Tense, dengan menyajikan pembelajaran dengan metode Grammar Translation Method (GTM).

Belajar merupakan perubahan tingkah laku yang disebabkan oleh interaksi antarindividu dengan individu lainnya. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran peserta didik harus memperoleh kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Menurut Hamalik ( 2009;179 ) aktivitas belajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Adapun aspek-aspek yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar seperti guru memberikan motivasi pada peserta didik untuk aktif dala pembelajaran, guru mampu menyajikan dengan memilih metode pembelajaran yang tepat dan menyenangkan, salah satunya adalah metode GTM.

Metode pembelajaran adalah cara sistematis dalam bentuk konkret berupa langkah-langkah untuk mengefektifkan pelaksanaan suatu pembelajaran. Hal ini diperkuat oleh pendapat Iskandarwassid dan Sunendar ( 2011;56 ) yang mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah cara kerja yang sistematis untuk memudahkan pelaksanaan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan atau ditentukan.

Metode pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Salah satu metode pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran KD. 4.10 materi simple past tense adalah dengan metode GTM. Karena metode ini sangat tepat digunakan untuk mempelajari materi grammar atau ketatabahasaan dan rumus seperti pada materi simple past tense. Adapun langkah – langkah pembelajaran dengan metode GMT adalah 1) Guru memberikan definisi-definisi jenis kata, imbuhan jenis kata, ataupun kosa kata yang digunakan dalam penyusunan kalimat simple past tense yang harus dihafalkan. 2) Dengan dipandu oleh guru, peserta didik belajar menyusun kalimat –kalimat dalam bentuk simple past tense. Di sini peserta didik terlibat secara langsung untuk berlatih menyusun kalimat-kalimat sesuai rumus dalam simple past tense. 3) Dengan dipandu oleh guru peserta didik menghafalkan kosa kata-kosa kata yang digunakan dalam penyusunan simple past tense. 4) Guru memberikan pekerjaan rumah tentang penyusunan kalimat-kalimat dalam bentuk simple past tense sesuai dengan kreativitas masing-masing peserta didik.

Dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat seperti halnya metode GMT, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, dan peserta didik pun akan terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaranpun akan tercapai yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik. (ti2/aro)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 7 Pemalang

Terbaru

Populer

Lainnya