alexametrics

Dongkrak Motivasi Belajar Siswa melalui Media Berbasis Whiteboard Animation

Oleh : Sri Rahayu, S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Motivasi belajar adalah dorongan yang timbul dari dalam diri siswa (intrinsik) dan dari luar diri siswa (ekstrinsik) untuk melakukan sesuatu. Motivasi instrinsik meliputi hasrat dan keinginan untuk berhasil, dorongan kebutuhan untuk belajar, dan harapan akan cita-cita siswa. Sedangkan motivasi ekstrinsik meliputi penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, kegiatan belajar yang menarik, dan adanya upaya guru dalam membelajarkan siswa.

Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui rendahnya motivasi belajar siswa yang terlihat pada kondisi siswa yang kurang mempunyai rasa tanggung jawab dan kurang termotivasi selama pembelajaran. Masih rendahnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa karena penggunaan media pembelajaran yang belum tepat. Whiteboard animation merupakan media yang diharapkan dapat mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa yang disebabkan semakin majunya perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Whiteboard animation video dikenal dengan banyak nama lain, seperti ‘sketch videos’, ‘doodle videos’, ‘video scribing’ atau ‘explainer videos’, meskipun begitu, orang lebih nyaman menyebutnya whiteboard animation (animasi papan tulis). Whiteboard animation (animasi papan tulis) adalah di mana seorang seniman membuat sketsa gambar dan teks di atas papan tulis, atau mungkin kertas atau kanvas, untuk menggambarkan sebuah skrip tertentu atau narasi (Darmawan, 2014:4).

Menurut pengertian di atas videoscribe sparkol whiteboard animation adalah sofware yang digunakan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami pembelajaran yang disampaikan guru melalui gambar dan audio visual dengan mudah dan merupakan aplikasi lunak yang hasilnya berbentuk video yang bisa digabungkan dengan peta konsep, gambar, suara, dan musik.

Video scribe Sparkol whiteboard animation adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya menghasilkan sebuah video animasi dengan teknik memasukkan gambar-gambar menarik. Aplikasi ini juga menyediakan sound berupa musik-musik instrumen sebagai backsound dalam video yang akan dibuat. Jika menginginkan untuk menambahkan sound sendiri, bisa dilakukan record kemudian insert ke dalam video (Minarni, 2016).

Penggunakan aplikasi Video scribe Sparkol whiteboard animation, guru bisa menghasilkan video animasi sendiri sesuai kreatifitas dan teknik serta metode yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Video scribe membuat guru berinovasi sendiri pada setiap materi dengan ide-ide tersendiri. Dalam arti, guru dituntut mempunyai kreatifitas tinggi untuk bisa menghasilkan video pembelajaran yang menarik untuk siswa. Video scribe akan menuntun guru untuk membuat materi pembelajaran sesuai keinginan tanpa harus punya keahlian lebih dalam bidang teknologi, hanya memerlukan ide dan kreatifitas untuk membentuk cerita dan alur dalam video pembelajaran tersebut.

Kelebihan Whiteboard animation menurut Mayer dalam Air, dkk (2014:23) dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut: kondisi terbaik seseorang ketika belajar yaitu pada saat penggunaan kata-kata dan gambar disajikan secara bersamaan. Seseorang belajar akan lebih baik ketika animasi dan suara disajikan bersamaan dari pada hanya animasi dan teks. Seseorang akan belajar lebih baik ketika bahan ajar disajikan dengan sederhana.

Sedangkan menurut Daryanto (2011:79) beberapa kekurangan media video dalam proses pembelajaran adalah pertama opposition. Pengambilan yang kurang tepat dapat menyebabkan timbulnya keraguan penonton dalam menafsirkan gambar yang dilihatnya. Kedua material. Pendukung video membutuhkan alat proyeksi untuk dapat menampilkan gambar yang ada di dalamnya. Ketiga budget. Untuk membuat video membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Kendati demikian, whiteboard animation tetap sangat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa. Seperti yang telah diterapkan pada pembelajaran PPKn kelas I tentang simbol sila Pancasila di SLB-B Yaspenlub Kabupaten Demak. Terbukti motivasi belajar siswa meningkat. Hasil belajar siswa meningkat, proses belajar mengajar pun berlangsung efektif dan menyenangkan. (kb4/lis)

Guru SLB-B Yaspenlub, Kabupaten Demak

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer