alexametrics

Belajar Penemuan Optimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Oleh : Winanci Rahayu S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN merupakan bidang penting dalam menentukan kualitas suatu bangsa. Pendidikan formal ditandai dengan adanya mata pelajaran yang diberikan di sekolah dan diatur oleh kurikulum. Trianto (2011:1) menyatakan bahwa pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang MahaEsa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Namun hingga saat ini, pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan keterampilan berpikir keatif dalam menemukan suatu konsep belum begitu membudaya. Kebanyakan peserta didik terbiasa melakukan kegiatan belajar berupa menghafal tanpa dibarengi pengembangan pemahaman dan keterampilan berpikir kreatif. Untuk menyikapi permasalahan ini maka perlu dilakukan upaya pembelajaran berdasarkan teori kognitif yang di dalamnya termasuk teori belajar konstruktivisme.

Sedangkan mata pelajaran matematika merupakan alat berpikir untuk mengantarkan siswa memahami konsep yang sedang dipelajarinya. Untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa, guru harus mengupayakan pembelajaran dengan menggunakan model-model belajar yang dapat member peluang dan mendorong siswa untuk belajar secara mandiri. Perbedaan kemampuan yang dimiliki siswa bukan semata-mata merupakan bawaan dari lahir, tetapi dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Oleh karena itu, pemilihan lingkungan belajar khususnya model pembelajaran menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan artinya pemilihan model pembelajaran harus dapat mengakomodasi kemampuan matematika siswa yang heterogen sehingga dapat memaksimalkan hasil belajar siswa.
Salah satu materi matematika yang dapat disajikan dengan berbeda adalah mencari luas dan keliling lingkaran. Jika biasanya guru memberikan rumus luas lingkaran, kali ini siswa diajak menemukan sendiri rumus luas lingkaran. Karena pada pertemuan sebelumnya, guru sudah memberikan materi keterkaitan keliling lingkaran dengan phi. Melalui proses penemuan ini, diharapkan siswa dapat menggunakan rumusnya dalam kehidupan sehari-hari.

Cara yang digunakan dengan mengaitkan pengetahuan siswa mengenai luas bangun datar yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu luas persegi panjang. Kegiatan pembelajaran diawali dengan pembentukan kelompok dan pembagian lembar kerja. Dalam lembar kerja tersebut berisi gambar lingkaran yang sudah dibagi menjadi enam belas juring. Siswa bertugas untuk menggunting juring-juring tersebut.
Langkah selanjutnya, siswa membuka potongan lingkaran tersebut sehingga bentuk yang dibuka menyerupai persegipanjang. Untuk melengkapi bagian yang kosong, siswa mengambil bagian juring lain. Siswa berdiskusi untuk menghitung panjang dan lebar persegi panjang tersebut untuk selanjutnya dihitung luasnya. Perwakilan siswa mempresentasikan hasil diskusi mengenai penghitungan luas persegipanjang menggunakan juring-juring lingkaran. Kelompok lain memberikan pendapat jika terdapat perbedaan penghitungan.

Untuk menunjukkan tujuan pembelajaran, guru membantu peserta didik menganalogikan luas persegipanjang dengan luas lingkaran. Panjang persegi panjang merupakan setengah keliling lingkaran, sedangkan lebar persegipanjang merupakan jari-jari lingkaran. Dari analogi tersebut, siswa dapat menemukan cara untuk menghitung luas lingkaran yaitu dengan mengalikan jari-jari lingkaran.
Pembelajaran menggunakan model penemuan ini ternyata efektif dan berdampak baik bagi hasil pembelajaran siswa di akhir pembelajaran. Dari hasil evaluasi, lebih dari separuh siswa tuntas KKM (kriteria ketuntasan minimal). Hendaknya pembelajaran seperti ini dapat dilakukan pada materi atau muatan pelajaran lain. (t1/ida)

Guru SMPN 1 Sukorejo, Kendal

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...