alexametrics

Tingkatkan Minat Daring Perbankan melalui Office Meet

Oleh : Eni Lestiyorini, S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Kebijakan pembelajaran jarak jauh atau belajar dalam jaringan (daring) sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 menjadikan kegiatan belajar mengajar dalam konteks tatap muka yang biasa dilakukan di sekolah dihentikan sementara. Pemerintah mengganti pembelajaran dengan sistem pembelajaran daring melalui aplikasi pembelajaran daring yang sudah ada.

Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Pembelajaran daring memberikan kesempatan peserta didik belajar dengan keleluasaan waktu belajar serta di manapun peserta didik dan guru berada. Peserta didik dapat berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi seperti classroom, video converence, telepon atau live chat, zoom maupun melalui whatsapp group. Pembelajaran ekonomi di SMA N 1 Karanganyar juga dilakukan melalui Microsoft Teams.

Proses pembelajaran daring dilakukan dengan dua model yaitu dilakukan dengan satu arah dan dua arah. Pembelajaran daring satu arah di sini dilakukan ketika guru memberikan tugas atau materi melalui media daring kemudian peserta didik secara aktif dan mandiri mempelajari materi dan mengerjakan tugas yang diberikan.

Sedangkan, pembelajaran daring dua arah dilakukan ketika guru dan peserta didik berada dalam satu ruang vitual yang sengaja disediakan untuk proses interaksi guru dengan peserta didik. Proses interaksi ini dapat berupa penyampaian materi, penjelasan penugasan yang dapat secara langsung dapat diikuti oleh peserta didik dan guru.

Guru harus memilih media pembelajaran yang tepat untuk dapat melakukan pembelajaran dua arah. Media pembelajaran pada pembelajaran daring digunakan sebagai alat untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas pembelajaran. Media pembelajaran dipergunakan untuk mencapai tujuan seperti membuat jelas pesan secara visual sehingga tidak terlalu verbal.

Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan lima indra. Mempercepat proses belajar dan mengajar, menimbulkan semangat dalam belajar, memberikan kesempatan bagi perserta didik untuk berinteraksi langsung dengan lingkungan mereka dan kenyataan di lapangan. Serta memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar mandiri berdasarkan kemampuan dan minat mereka.

Salah satu media yang dapat dipilih untuk melakukan pembelajaran dua arah adalah office meet sebagai salah satu fasilitas dari Microsoft Teams. Pemanfaatan office meet pada pembelajaran jarak jauh akan sangat membantu mahasiswa dalam belajar karena pendidik dapat berinteraksi walaupun ditempat yang berbeda.

Aplikasi office meet merupakan aplikasi yang digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh dengan menggabungkan konferensi video, obrolan, pertemuan online dan kolaborasi seluler. Penggunaan office meet dalam aplikasi ini bisa menampung 1 kelas bersama dalam satu pertemuan secara virtual. Penggunaan office meet membuat merasa lebih nyaman untuk bertanya dan mengemukakan pendapat dalam pembelajaran yang dilaksanakan secara online. Sehingga terjadi kelas virtual yang aktif dan menyenangkan bagi siswa. Selain itu guru dapat melihat aktivitas siswa secara langsung terutama saat dilakukan tanya jawab dan guru dapat memotivasi siswa yang kurang aktif. (kb4/lis)

Guru Ekonomi SMAN 1 Karanganyar, Demak

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...