alexametrics

Tingkatkan Konsentrasi Belajar Matematika dengan Model GGE

Oleh : Wisdiharti S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya. Dengan demikian, akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara edukatif dalam kehidupan masyarakat (Hamalik, 2001:79). Pendidikan memegang peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan demikian, pendidikan merupakan suatu tindakan yang memungkinkan terjadinya belajar. Dengan belajar, terjadilah perkembangan jasmani dan mental siswa (Mudjiono, 2006:7). Oleh karena itu, perlu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Mutu pendidikan dapat dilihat dari keberhasilan pada pendidikan formal, berupa hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sangat ditentukan oleh keberhasilaan suatu proses pembelajaran. Hal ini berarti proses pembelajaran merupakan hal yang sangat menentukan mutu pendidikan. Mengingat pentingnya penguasaan matematika materi Diagram Lingkaran oleh siswa kelas VI, maka guru perlu berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melakukan usaha perbaikan dalam proses pembelajaran. Penggunaan strategi yang tepat akan turut menentukan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Pembelajaran berpusat pada siswa dan metode yang bervariasi akan sangat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Penulis memilih model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) atau pertukaran kelompok dengan kelompok adalah salah satu metode belajar diskusi kelompok dengan cara memberikan tugas-tugas berbeda kepada beberapa kelompok yang sudah dibentuk kemudian setiap kelompok mengerjakan apa yang sudah dipelajari kepada peserta kelompok yang berbeda. Model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir tentang apa yang sudah dipelajari, kemudian mendiskusikan, bertanya dan berbagi pengetahuan kepada teman lainnya. Metode pembelajaran aktif tipe GGE merupakan gabungan dari metode diskusi, tanya jawab dan mengajarkan teman sebaya. Penggunaan metode pembelajaran aktif GGE dalam pembelajaran mempunyai tujuan agar siswa mampu bekerja sama dengan teman lain serta saling bertukar pengalaman dalam mencapai tujuan bersama.

Langkah-langkah pembelajaran GGE antara lain, pertama, pilihlah sebuah topik yang mencakup perbedaan ide, kejadian, posisi, konsep, dan pendekatan untuk ditugaskan. Sebelum pembelajaran dimulai, tentukanlah topik dan jumlah topik yang dapat digunakan oleh siswa untuk saling berdiskusi dan bertukar informasi. Topik haruslah sesuatu yang mengembangkan sebuah pertukaran pandangan atau informasi. Kedua, bagilah kelas ke dalam kelompok sesuai jumlah tugas, 2 sampai 4 kelompok cocok untuk aktivitas ini. Ketiga, berikan cukup waktu untuk mempersiapkan penyajian topik yang telah mereka kerjakan. Keempat, ketika fase persiapan selesai, mintalah kelompok memilih seorang juru bicara. Undanglah setiap juru bicara menyampaikan kepada kelompok lain. Kelima, setelah presentasi singkat, doronglah peserta didik bertanya pada presenter atau tawarkan pandangan mereka sendiri. Biarkan anggota juru bicara kelompok merespons. Keenam, lanjutkan sisa presentasi agar setiap kelompok memberikan informasi dan merespons pertanyaan serta komentar peserta. Ketujuh, lakukanlah evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan terutama terhadap materi atau topik pembelajaran yang dipelajari.

Dengan penerapan metode belajar aktif tipe GGE membuat siswa lebih berkonsentrasi dalam pembelajaran dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menguasai bahan ajar karena setelah kegiatan diskusi kelompok berakhir, siswa akan mempresentsikan hasil diskusinya di depan kelas. (ce3/ida)

Guru SDN 02 Kebonagung, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...