alexametrics

Google Classroom, Solusi Menulis Laporan Fiksi di Era Pandemi

Oleh : Endang Hastuti, S.Pd.

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Dampak Covid-19 telah mengubah proses pembelajaran berbagai mata pelajaran di sekolah salah satunya bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mapel wajib di jenjang pendidikan SMA dan mempunyai empat keterampilan salah satunya yaitu menulis. Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang tidak dapat dipisahkan dengan proses pembelajaran, karena selama proses pembelajaran, peserta didik diajarkan dan diberikan tugas menulis. Kompetensi yang terdapat dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XII semester limasalah satu yang harus dipahami dan dikuasai siswa yaitu menyusun laporan fiksi.

Kompetensi menyusun laporan fiksi menjadi hal mendasar yang mengharuskan siswadapat memahami dan mampu menyusun laporan fiksi. Prosa fiksi adalah ceritera yang diemban oleh pelaku dengan peran, latar, dan rangkaian ceritera dari imajinasi pengarang. Teeuw (1984:254) menyatakan, rekaan bukan lawan kenyataan tetapi membeberkan suatu kenyataan.

Menyusun laporan fiksi merupakan upaya memperkenalkan suatu karya untuk menarik minat baca seseorang. Namun, pada kenyataannya kemampuan siswa SMA N 1 Cawas kelas XII IPS dalam PJJ di era pandemi untuk menyusun laporan fiksi belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Masih ada hasil tulisan siswa yang sulit dimengerti dan kurang memahami unsur-unsur fiksi. Di sisi lain penggunaan media yang kurang efektif saat pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Bedasarkan permasalahan tersebut dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) guru harus dapat memilih media pembelajaran yang sesuai untuk memotivasi siswa belajar menulis melalui pemanfaatan teknologi infomasi sehingga tujuan kompetensi menyusun laporan fiksi bisa tercapai. Hal tersebut diperkuat pernyataan Saddono,dkk. (2018) yang menyatakan bahwa inovasi media pembelajaran terus dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan fiksi dalam PJJ menggunakan media pembelajaran online dengan aplikasi GC (Google Classroom).

Google Classroom merupakan platform yang dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara daring dan gratis (Pinandito, 2020). Aplikasi ini dipilih langsung ke google drive sehingga meringankan kerja memori HP dan dilengkapi dengan empat fitur yaitu fitur forum, tugas, anggota, dan nilai yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dengan mudah dan menyenangkan saat melaksanakan PJJ.

Adapun langkah-langkah PJJ menggunakan aplikasi GC (Google Classroom)sebagai berikut. Pertama, buka alamat webside https://classroom, google com lalu login menggunakan akun gmail. Kedua, klik tanda (+) pilih create class, silakan buat nama kelas. Selanjutnya masuk halaman kelas dan muncul kodekelas bagikan ke siswa untuk bergabung. Ketiga, guru memosting informasi bagikan file materi cerita fiksi, file video klik add lalu post. Keempat, untuk memberikan tugas, klik claswork pilih assigment membuat tugas laporan fiksi dan penjadwalan, klik kirim. Kelima, siswa menyusun dan mengirim laporan fiksi yang dibacanya. Guru mengoreksi dan memberi penguatan di fitur komentar.

Pada akhir pembelajaran jarak jauh (PJJ) guru memberi evaluasi secara individu yang mencakup semua unsur-unsur fiksi. Dari evaluasi ada peningkatan hasil menulis laporan fiksi dengan menggunakan media pembelajaran online yaitu aplikasi GC (Google Claasroom). Selain itu, siswa juga lebih senang dan mudah dalam PJJ sehingga kemampuan menulis laporan fiksi cenderung meningkat. Demikian juga, penggunaan aplikasi GC (Google Claasroom) sebagai solusi yang dapat memotivasi guru dan siswa lebih aktif dalam PJJ di era pandemi. (lbs1/ton)

Guru SMA N 1 Cawas, Klaten

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...