alexametrics


Metode Gallery Walk Mudahkan Siswa Mengenal Jenis Binatang

Oleh : Umbaridah, S.Pd. AUD

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Dunia binatang biasanya disukai anak-anak. Anak sering melihat di TV, atau di majalah. Dunia binatang juga diajarkan di TK. Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga dipelajari pada tema binatang. Biasanya karena anak sudah pernah melihat di TV, kadang guru kurang mempersiapkan media tentang tema binatang, sehingga guru hanya bercerita tanpa media. Anak TK biasanya kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru bahkan berbicara dan bergurau dengan temannya.

Hal ini juga terjadi di TK Pertiwi Klegen, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Ketika guru menanyakan terkait materi jenis-jenis binatang dan tempat hidupnya anak menjawab tanpa memperhatikan guru. Kemudian guru mencoba mencari solusi menyampaikan materi tema binatang dengan metode pembelajaran gallery walk. Harapannya, agar siswa bisa fokus, antusias dan senang dalam proses pembelajaran.

Gallery walk terdiri dari dua kata yaitu gallery dan walk. Gallery adalah pameran. Pameran merupakan kegiatan untuk memperkenalkan produk, karya atau gagasan kepada khalayak ramai. Sedangkan walk artinya berjalan, melangkah. Menurut Silberman (2006 : 274), gallery walk atau galeri belajar merupakan suatu cara untuk menilai dan mengingat apa yang telah siswa pelajari selama ini. Gallery walk (galeri belajar) juga dapat memotivasi keaktifan siswa dalam proses belajar sebab bila sesuatu yang baru ditemukan berbeda antara satu dengan yang lainnya maka dapat saling mengoreksi antara sesama siswa baik kelompok maupun antarsiswa itu sendiri.

Strategi ini memberikan kesempatan siswa untuk membuat suatu karya dan melihat langsung kekurangpahamannya dengan materi tersebut dengan melihat hasil karya teman yang lainnya dan dapat saling mengisi kekurangannya.

Metode gallery walk atau galeri belajar adalah metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk membuat suatu daftar. Baik berupa gambar maupun skema sesuai hal-hal apa yang ditemukan atau diperoleh pada saat diskusi di setiap kelompok untuk dipajang di depan kelas. Setiap kelompok menilai hasil karya kelompok lain yang digalerikan, kemudian dipertanyakan pada saat diskusi kelompok dan ditanggapi.

Penggalerian hasil kerja dilakukan pada saat siswa telah mengerjakan tugasnya. Setelah semua kelompok melaksanakan tugasnya, guru memberi kesimpulan dan klarifikasi sekiranya ada yang perlu diluruskan dari pemahaman siswa.

Prosedur pendekatan penilaian diri dengan metode gallery walk (galeri belajar) adalah : mengelompokkan siswa menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan dua hingga empat orang; Memerintahkan tiap kelompok untuk mendiskusikan apa yang didapatkan oleh pada anggotanya; Tempelkan daftar tersebut pada dinding; Memerintahkan siswa untuk berjalan melewati tiap daftar. Memerintahkan agar tiap siswa memberikan tanda centang didekat hasil belajar yang juga dia dapatkan pada daftar selain dari daftarnya sendiri; Surveilah hasilnya, cermati hasil pembelajaran yang paling umum didapatkan. Menjelaskan sebagian hasil pembelajaran yang tidak biasa atau tidak sesuai.

Setelah guru menggunakan metode gallery walk ternyata siswa terlihat lebih aktif dan memperoleh pengetahuan baru, keterampilan baru, minat baru dibidang, percaya diri. Gallery walk (galeri belajar) merupakan suatu metode pembelajaran yang mampu mengakibatkan daya emosional siswa untuk menemukan pengetahuan baru. Dan dapat mempermudah daya ingat jika sesuatu yang ditemukan itu dilihat secara langsung. (ti1/lis)

Guru TK Pertiwi Klegen, Kec. Comal, Kabupaten Pemalang

Terbaru

Populer

Lainnya