alexametrics

Tingkatkan Pemahaman Siswa Materi Gaya dan Gerak dengan Jigsaw

Oleh : Arini Wikoyati S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, PERANAN guru dalam proses belajar mengajar sangat penting. Yaitu membantu dengan segala upaya agar siswa dapat belajar dan mengembangkan potensinya seoptimal mungkin. Guru harus dapat memilih bentuk interaksi belajar yang tepat digunakan kepada siswanya yaitu mengetahui dasar-dasar dalam interaksi sebagai proses belajar mengajar. Ada sepuluh komponen proses belajar mengajar menurut Gagne (dalam Roestiyah, 1994).

Pembelajaran IPA materi gaya merupakan salah satu materi yang belum bisa dipahami karena penjelasan guru yang kurang dan minimnya penerapan metode pembelajaran selain ceramah.
Metode mengajar merupakan cara atau teknik yang digunakan untuk menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Berhasil tidaknya tujuan pembelajaran tergantung dari metode atau teknik yang digunakan oleh guru (TM Pengembangan MKDK IKIP Semarang, 1995).

Jigsaw adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi untuk mencapai prestasi yang maksimal (Zulfiani dkk, 2009:143).
Dalam penerapannya, siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok. Tiap kelompok terdiri atas tim ahli sesuai dengan pertanyaan yang disiapkan oleh guru. Maksimal lima pertanyaan sesuai dengan jumlah tim ahli (Hamzah B Uno dan Nurdin Muhammad, 2011:98).

Model ini diterapkan bila materi yang dikaji dalam bentuk narasi tertulis, misalnya kajian-kajian sosial, sastra, dan bagian sains yang bertujuan untuk memperoleh konsep dan keterampilan. Model ini mendorong siswa untuk bekerjasama dalam kelompok. Setiap anggota kelompok memahami dan mendalami sesuatu, kemudian digabung menjadi satu dengan anggota-anggota yang lain untuk memperoleh pemahaman yang utuh.

Pembelajaran IPA menurut Cahyo N (2013) bertujuan untuk membekali peserta didik seperangkat pengetahuan (pemahaman konsep), kemampuan, dan keterampilan menggunakan IPA, kemampuan intelektual (keterampilan berpikir), kematangan emosional, dan kematangan sosial agar dapat memahami lingkungan sekitar dan sebagai bekal melanjutkan pendidikan yang lebih tinggih. Ilmu Pengetahuan Alam berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistimatis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja, tetapi merupakan proses penemuan.

Langkah-langkah pembelajaran jigsaw, guru membagi siswa menjadi 4 kelompok masing-masing terdiri atas 8-9 siswa. Tiap kelompok diberikan materi yang akan dibahas. Guru memberikan penjelasan teknis pada masing-masing kelompok. Guru mempersilahkan masing-masing kelompok melaksanakan tugas di kelompoknya masing-masing. Guru mempersilahkan masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil belajar kelompok. Setiap kelompok diberikan kesempatan membacakan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok lain memberikan komentar terhadap hasil persentase kelompok yang tampil. Guru memberikan penghargaan terhadap hasil diskusi siswa. Guru merefleksi hasil diskusi kelompok dan merangkum materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

Guru membimbing siswa agar terarah dalam proses menjawab pertanyaan-pertanyaan pada LKS, di akhir pembelajaran, siswa diminta membacakan hasil jawabannya dan memberikan alasan jawaban di hadapan teman sekelas. Guru memberikan penghargaan kepada seluruh siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan. Guru merefleksi pelaksanaan pembelajaran dan membuat kesimpulan.
Tolok ukur yang penting dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya terhadap gerak benda adalah melalui pendekatan pembelajaran tipe jigsaw. Sebab melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat tercapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan sebelumnya dan terciptanya pembelajaran yang efektif, inovatif dan menyenangkan serta dapat meningkatkan pemahaman siswa. (pg1/ida)

Guru SDN 01 Gendowang

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...