alexametrics

Sistem Osmoregulasi Ikan Berbasis Video Tingkatkan Minat Belajar Siswa

Oleh : Siti Inayah S.Pi

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, SAAT ini siswa mulai bosan dengan adanya sistem pembelajaran daring. Minat belajar siswa menurun. Sebagaimana di SMKN 1 Salam kelas X jurusan perikanan. Siswa mulai awal tahun ajaran baru 2020/2021 belum pernah sama sekali tatap muka dengan guru di kelas. Siswa juga mudah menyerah jika banyak tugas ataupun masalah selama pembelajaran. Ini karena faktor keluarga yang kurang mendukung, cukup berpengaruh pada pembelajaran daring.

Proses pembelajaran yang dilewatkan aplikasi google classroom, tidak dapat berlangsung maksimal. Pada satu rombongan belajar (rimbel), jumlanya 36 siswa. Namun yang aktif belajar rata-rata hanya 23 siswa. Kegiatan pendalaman materi atau ulangan harian belum mencakup 75 persen keaktifan siswa. Kebanyakan siswa cepat lelah dan jenuh ketika seharian harus berkutat dengan materi pelajaran lewat aplikasi google classroom. Selain itu, materi yang disampaikan belum tentu mudah dipahami semua siswa. Materi berupa MS Word ataupun power point yang dikombinasikan dengan tutorial, tetap membuat bosan siswa. Sebagian siswa beralasan kurang paham ketika membaca materi secara mandiri. Selain itu, lokasi rumah siswa yang tidak semuanya terjangkau sinyal secara optimal menjadi alasan siswa. Gadget yang sudah tertinggal spesifikasi dan kurang bisa mengakses dengan cepat materi yang disampaikan, menjadi kendala bagi siswa.

Siswa kelas X merupakan siswa peralihan dari SMP ke SMK, butuh penyesuaian dengan kondisi yang berbeda dari sebelumnya. Bimbingan guru dalam menghadapi hal baru di SMK sangat dibutuhkan untuk memudahkan siswa mengikuti pembelajaran. Malangnya, kondisi ini tidak dilakukan dengan mudah saat masa pandemi Covid-19. Semua pendampingan guru dilakukan melalui daring. Menurut siswa, materi osmoregulasi tidak mudah dipahami jika hanya mengandalkan bahasa tulisan. Hal ini menyebabkan minat siswa mengikuti pembelajaran rendah.

Berdasar pada masalah tersebut, penulis mencoba mengombinasikan pembelajaran lewat google classroom dengan video. Video merupakan medium yang efektif untuk membantu proses pembelajaran, baik pembelajaran masal, individual, maupun kelompok (Daryanto, 2013: 86). Guru merancang dan merencanakan gambar dan suara yang akan digunakan pada pembelajaran. Sehingga saat ditampilkan, menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran di google classroom. Menurut Wati ER (2016:44), media audio visual merupakan alat bantu yang dipergunakan dalam pembelajaran berupa gambar bergerak dan bersuara alat-alat yang termasuk media audio antara lain, video, televisi, dan VCD.

Materi pembelajaran didesain dalam bentuk teks, tutorial, dan gambar bergerak yang disertai contoh konkret pada dunia perikanan. Materi tersebut diunggah dalam youtube, sehingga siswa mudah mengakses link tanpa membutuhkan sinyal dan kuota yang banyak. Selain materi bentuk video dalam channel youtube, guru juga menyertakan materi berbentuk power point, berupa catatan ringkas dan poin penting yang harus diingat oleh siswa selama pembelajaran berlangsung.

Penggunaan metode ini ternyata dapat meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Meskipun belum secara total keaktifan siswa. Hal ini dibuktikan terjadinya kenaikan jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran sekitar 83 persen dari 36 siswa.

Keberhasilan guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 ditentukan oleh kemampuan berinovasi merancang, meramu materi, metode pembelajaran, dan aplikasi yang sesuai dengan materi. Kreativitas merupakan kunci sukses guru untuk dapat memotivasi siswanya tetap semangat dalam belajar secara daring dan tidak menjadi beban psikis. Oleh karena itu, pihak sekolah sudah sepantasnya membuat formula khusus agar pembelajaran daring dapat berjalan sukses dan menyenangkan bagi semua pihak. (pg1/ida)

Staf Pengajar Jurusan Perikanan SMKN 1 Salam, Kabupaten Magelang

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...