alexametrics

Model Pembelajaran Team Quiz Tingkatkan Prestasi dan Tanggung Jawab Siswa

Oleh : Edi Agus Iriyanto S.Pd.SD

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, MATEMATIKA merupakan mata pelajaran yang mempunyai objek bersifat abstrak. Sifat abstrak ini menjadikan salah satu sebab siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Untuk mengatasi permasalah tersebut, penulis berusaha mencari jalan keluar untuk mengatasinya. Dengan begitu, siswa bisa belajar matematika dengan nyaman, menyenangkan, sekaligus melaksanakannya tanpa beban dan menghasilkan prestasi yang gemilang.

Dalam mata pelajaran (mapel) matematika materi perbandingan dan skala, penulis memberikan materi tersebut di SD Negeri Kedokansayang 01, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal dengan pendekatan model pembelajaran Team Quis. Ternyata dapat meningkatkan aktivitas, prestasi belajar, dan tanggung jawab siswa di kelas VI.

Menurut Mardiyanto (2014:240) Team Quis merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif. Siswa dibagi dalam tiga kelompok tim. Setiap tim bertanggung jawab untuk menyiapkan kuis jawaban dan tim yang lain menggunakan waktu untuk memeriksa catatannya.

Dalam model Team Quis, pelaksanaan proses belajar diawali dengan guru menerangkan secara klasikal. Kemudian siswa dibagi dalam 3 kelompok besar. Semua anggota kelompok bersama-sama mempelajari materi tersebut, saling memberi arahahan, saling memberikan pertanyaan dan jawaban untuk memahami materi pelajaran tersebut. Setelah selesai menerangkan materi, maka diadakan suatu pertandingan berbentuk kuis. Kemudian kelompok penanya menjadi kelompok penjawab dan salah satu kelompok penjawab menjadi kelompok penanya begitu seterusnya sampai materi pelajaran selesai.

Untuk lebih jelasnya pelaksanaan pembelajaran Team Quis adalah sebagai berikut, 1) guru memberikan penjelasan singkat tentang materi yang akan dipelajari. 2) Guru menyampaikan tugas dan bentuk sesi yang akan dilaksanakan. 3) Siswa dibagi menjadi 3 kelompok. Tiap kelompok terdiri dari enak siswa. 4) Setiap kelompok mendapat materi dan LKS yang berbeda untuk didiskusikan. 5) Setiap kelompok menentukan peran anggota sebagai ketua, sekretaris, performer dan penjawab pertanyaan. 6) Siswa berdiskusi kelompok sesuai dengan materi masing-masing kelompoknya. 7) Siswa mempresentasikan hasil diskusi. 8) Siswa melaksanakan pembelajaran Team Quis. 9) Kelompok A memberikan pertanyaan kepada kelompok B dan jika tidak bisa menjawab pertanyaan akan dilempar kepada kelompok C. 10) Kelompok A memberikan pertanyaan kepada kelompok C dan jika tidak bisa menjawab, maka pertanyaan tersebut akan dilempar ke kelompok B. 11) Setelah kelompok A selesai dengan kuisnya, maka tugas kelompok B untuk menjadi pemimpin kuis. Proses kegiatanya sama dengan kelompok A. 12) Dilanjutkan kelompok C menjadi pemimpin Quis Proses kegiatannya sama dengan kelompok A dan B. 13) Guru menyampaikan hasil skor akhir Quis berkelompok. 14) Guru membahas dan mengoreksi seluruh hasil Quis yang telah dilakukan siswa. Dan 15) guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya.

Dengan menerapkan strategi Team Quis maka guru dapat membantu siswa menjadi lebih kreatif dalam mengajukan pertanyaan dan menyampaikan gagasan sehingga hasil belajar siswa meningkat serta dapat meningkatkan tanggung jawab atas apa yang dipelajarinya. (pg1/ida)

Guru SDN Kedokansayang 01 Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...