alexametrics

Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Mutu Sekolah

Oleh : Teguh Purnomo S.Pd M.Si

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, KEPALA sekolah memiliki peran penting dalam peningkatan mutu sekolah. Peran tersebut salah satunya adalah dalam kepemimpinan yang dapat menentukan mutu pendidikan di sekolah. Kepala sekolah merupakan tumpuan manajemen sekolah dalam upaya mencapai tujuan institusi, karena kepala sekolah memiliki kewenangan dalam menetapkan arah pendidikan sekolah melalui visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan

Peranan kepala sekolah sebagai pemimpin mencerminkan tanggung jawab kepala sekolah untuk menggerakkan seluruh sumber daya yang ada di sekolah. Tinggi rendahnya mutu sekolah tidak hanya ditentukan oleh jumlah guru tetapi lebih banyak ditentukan oleh kepala sekolah dalam melaksanakan kepemimpinan di sekolahnya. Oleh karena itu, penulis sebagai kepala SMP Negeri 4 Belik berupaya menjalankan tanggung jawab sebagai pemimpin secara maksimal agar meningkatkan mutu sekolah. Kepala sekolah dalam kepemimpinannya mengatur dan mengelola segenap potensi sekolah melalui tahapan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakan, dan mengawasi potensi-potensi tersebut guna mendukung tercapainya mutu sekolah.

Langkah yang dilakukan kepala sekolah dalam rangka meningkatkan mutu SMP Negeri 4 Belik di antaranya, a) merencanakan program dengan merinci kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan, merencanakan kurikulum sekolah; b) membuat struktur organisasi sekolah, melengkapi sarpras yang dibutuhkan dalam meningkatkan mutu sekolah; c) memberikan contoh perilaku kerja yang baik dan disiplin dalam bekerja, memberi motivasi dan penghargaan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan; d) mengawasi output, kegiatan pembelajaran, dan peserta didik mulai dari proses penerimaan sampai kelulusan sekolah.

Kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu SMP Negeri 4 Belik, dengan membuat struktur organisasi sekolah dengan melibatkan orang tua melalui komite sekolah. Ini untuk melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan sekolah, memantau kegiatan pembelajaran di kelas, pembagian tugas pendidik dan tenaga kependidikan.

Upaya selanjutnya adalah penggerakan program yaitu dengan menggerakan pendidik dan tenaga kependidikan yang ada seperti memberi contoh kinerja yang baik dan disiplin, memberikan motivasi semangat long life education pada guru, memberikan penghargaan terhadap pendidik dan tenaga kependidikan yang berprestasi, mengikutsertakan guru dalam diklat-diklat, MGMP, memberikan bimbingan kepada tenaga pendidik dalam pembuatan perangkat pembelajaran, mengevaluasi terhadap kinerja pendidik, dan tenaga kependidikan.

Selain itu, kepala sekolah juga melakukan monitoring dan evaluasi yang dilakukan dengan melakukan pengawasan baik proses belajar mengajar maupun pencapaian peningkatan mutu pendidikan terutama selama masa pandemi. Seperti yang disampaikan Direktur Sekolah Dasar (SD), Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Dra Sri Wahyuningsih M.Pd, bahwa kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama darurat bencana Covid-19. Pada pelaksanaannya, pihak sekolah dan guru perlu berinovasi dan berkreasi sehingga pengajaran tidak membosankan.

Selanjutnya, pengawasan terhadap peningkatan mutu pendidikan meliputi pengawasan terhadap input (SDM, struktur organisasi, rencana dan program, visi, misi dan tujuan), proses (kinerja dari kepala sekolah), dan output (prestasi sekolah yang dihasilkan setelah proses baik prestasi akademik maupun non akademik).

Upaya yang terakhir dalam rangka meningkatkan mutu SMP Negeri 4 Belik adalah kegiatan pengembang budaya dengan melaksanakan budaya sekolah seperti budaya dalam keagamaan, budaya kedisiplinan, budaya berprestasi, serta budaya bersih. Akhirnya, dengan berbagai upaya di atas, diharapkan mutu pendidikan di SMP Negeri 4 Belik meningkat. (pg1/ida)

Kepala SMPN 4 Belik, Kabupaten Pemalang

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...