alexametrics

Bernyanyi Bagi Anak Usia Dini Memperkaya Kosa Kata

Oleh : Anna Mulyasari S.Pd.AUD

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, BERNYANYI merupakan salah satu bagian yang penting dalam kehidupan ini. Bukan hanya orang dewasa saja, tapi seorang anak pun menyukai bernyanyi beserta nyanyiannya. Itulah sebabnya banyak para orang tua dan guru yang sering menggunakan metode menyanyi saat mengajarkan sesuatu kepada seorang anak. Lalu apa saja manfaat bernyanyi secara luas bagi anak? Berikut beberapa manfaat bernyanyi bagi anak usia dini.

Anak cepat menyerap sesuatu yang diajarkan hal ini memiliki fungsi sebagai sarana untuk menenangkan seorang anak. Hal itu terbukti saat seorang anak menangis atau saat mereka mau tidur, para orang tua biasanya akan menyanyikan lagu lagu untuk seorang anaknya sampai dia tertidur. Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya bahwa salah satu manfaat dari nyanyian adalah dapat memberi efek menenangkan bagi seorang anak. Anak akan merasa tenang saat dia mendengarkan nyanyian daripada mendengar orang dewasa marah-marah yang justru membuat seorang anak menjadi stres oleh ucapan. Namun dengan bernyanyi bisa menenangkan seorang anak tanpa harus berteriak dan marah-marah.

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mempercepat seorang anak dalam menangkap materi pelajaran adalah dengan menggunakan metode menyanyi. Melalui metode yang satu ini, belajar menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan selalu ditunggu-tunggu. Manfaat lainnya dari bernyanyi adalah memperkaya kosakata yang dikuasai seorang anak. Selain itu ia akan lebih aktif bicara sehingga kemampuan berbicaranya pun ikut terstimulasi. Jika dalam satu hari kita mengenalkan satu lagu sederhana maka setidaknya ia akan menerima 5-8 kata baru.

Dengan bernyanyi seorang anak pun dapat menyelipkan gayanya sendiri. Lihatlah seorang anak akan berjoget, bertepuk tangan, meninggikan atau merendahkan suara, memanjangkan pengucapan, bahkan ia akan bergaya seperti penyanyi betulan. Sehingga kegiatan bernyanyi ini dapat membuat seorang anak lebih aktif bergerak karena dengan bernyanyi banyak lagu, anak menjadi penuh semangat. Ini akan membuat seorang anak lebih berani untuk bertindak dan melakukan sesuatu. Cobalah bernyanyi bersama anak. Apa yang akan kita rasakan? Kita akan merasa hubungan dengan seorang anak akan lebih dekat. Karena itu sering seringlah bernyanyi dan menciptakan suasana yang menyenangkan dengan anak. (pg1/ida)

Guru TK Pertiwi Banjaran, Kota Salatiga

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...