alexametrics


Interview Games Permudah Belajar Asking for and Giving Information

Oleh: Ana Rahmawati Ningsih, S.Pd., M.Pd.

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, SEBAGAI manusia, sudah tugas kita untuk mengembangkan diri dan mempelajari hal-hal yang belum kita ketahui. Dengan cara belajar, berinteraksi, dan bertanya hal-hal tersebut kepada orang yang lebih mengetahui. Materi pembelajaran tersebut ada pada Asking for and Giving Information. Proses pembelajaran pada materi itu ada pada kelas 8 semester 2.

Dalam proses pembelajaran, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh siswa. Pertama, siswa merasa kesulitan ketika mereka sudah dihadapkan dengan ungkapan-ungkapan yang akan digunakan. Kesalahan yang diambil siswa adalah siswa menghafal semua ungkapan yang ada dalam buku teks. Sehingga ketika siswa menerapkan dalam percakapan lisan, siswa kebingungan. Kedua, siswa tidak terbiasa menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Ini berimbas pada proses pembelajaran. Siswa akan menggunakan kalimat bahasa Indonesia terlebih dahulu sebelum siswa mengubahnya ke dalam kalimat bahasa Inggris. Hal ini akan menghabiskan banyak waktu. Ketiga, siswa selalu mendapatkan nilai rendah pada penilaian berbicara dalam materi pembelajaran ini. Ketika guru berperan sebagai penanya, siswa kesulitan dalam menjawab semua pertanyaan guru. Siswa gugup sehingga siswa tidak bisa mengungkapkan dan menjawab tentang informasi yang sebenarnya. Keempat, teknik pengajaran guru masih terbilang monoton. Tidak menjadikan siswa kreatif. Guru sebagai pengendali kelas. Guru mendapatkan porsi besar dalam proses pembelajaran sedangkan siswa hanya diberi sedikit ruang untuk belajar.

Oleh karena itu, guru harus mempunyai teknik pengajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dengan teknik yang sesuai, siswa akan memegang peranan yang lebih besar dalam proses pembelajaran. Melchor Bernardo dalam artikelnya yang berjudul 30 Get to Know You Games for Kids memperkenalkan sebuah teknik. Teknik permainan dalam pembelajaran. Teknik tersebut adalah Interview Games. Tujuan pembelajaran dengan menggunakan teknik ini adalah siswa dapat menanyakan, mengumpulkan, dan memberikan informasi sebanyak-banyaknya.

Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan teknik Interview Games. Pertama, setelah menjelaskan materi pembelajaran, guru dapat meminta siswa membentuk kelompok. Kelompok terdiri atas 2 sampai 4 siswa. Atau siswa dapat berpasangan dengan siswa lain. Semua tergantung atas kebijakan guru.

Kedua, tiap-tiap siswa berperan sebagai penanya dan penjawab. Siswa dapat mengajukan sekitar 3 sampai 4 pertanyaan kepada siswa lain. Siswa dapat menanyakan tentang informasi-informasi berupa fakta yang sudah berlalu maupun fakta-fakta yang sedang terjadi. Siswa lain yang berperan sebagai penjawab. Tugas penjawab adalah menjawab dan memberikan informasi berupa fakta yang telah ditanyakan oleh penanya.

Ketiga, guru dapat berkeliling untuk memeriksa dan membantu siswa apabila siswa mengalami kesulitan.

Keempat, siswa dapat bertukar pasangan atau kelompok apabila masih ada siswa waktu. Siswa dapat memulai untuk menanyakan dan memberikan informasi-informasi dengan pasangan atau kelompok baru.
Teknik Interview Games telah diterapkan pada siswa kelas 8 semester 2 di SMP Negeri 3 Patebon. Dengan menerapkan teknik ini, siswa dapat lebih aktif dan mendapatkan porsi lebih besar pada kegiatan pembelajaran. Hasil penilaian pada keterampilan berbicara siswa meningkat daripada menggunakan teknik sebelumnya. (ti2/zal)

Guru SMPN 3 Patebon, Kendal

Terbaru

Populer

Lainnya