alexametrics

Mentimeter Dikuasai, Siswa Happy di Masa Pandemi

Oleh : Millatina Ulfah, S.Pd

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Masa pandemi Covid-19 saat ini memaksa semua pihak di berbagai sektor kehidupan untuk mengubah kebiasaan termasuk kebiasaan guru dan siswa dalam hal belajar. Kebiasaan belajar siswa yang sebelumnya melalui tatap muka secara langsung dan terjadi interaksi antara guru dengan murid yang memungkinkan komunikasi dua arah untuk sementara waktu tidak bisa berjalan sesuai harapan. Masa pandemi seharusnya tidak menjadi penghalang siswa untuk mendapatkan hak penuh dalam pembelajaran yang efektif. Banyak orang tua murid dan siswa mengeluhkan tentang pembelajaran dengan sistem jarak jauh seperti yang diberlakukan saat ini.

Para guru memutar otak mencari cara agar pembelajaran tetap tersampaikan dengan metode yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Masalah ini muncul pada muatan pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada indikator “Membuat Pertanyaan Berdasarkan Teks Nonfiksi”. Membuat pertanyaan adalah materi yang tidak mudah disampaikan kepada siswa terutama pada pembelajaran jarak jauh seperti saat ini. Masalah ini dapat dipecahkan dengan sebuah aplikasi presentasi interaktif yaitu mentimeter. Aplikasi ini menjadi salah satu solusi untuk mengajarkan materi tersebut agar tersampaikan dengan asyik kepada siswa.

Mentimeter adalah sebuah aplikasi presentasi yang mudah dan dapat digunakan sebagai salah satu referensi metode pembelajaran jarak jauh. Untuk dapat menggunakannya ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, membuat akun di situsnya dengan mendaftarkan diri atau sign up, jika sudah memiliki akun kemudian masuk atau login. Setelah masuk kita akan berada di home atau beranda menti ini. Silakan dilanjutkan dengan memilih tombol +new presentation. Selanjutnya, pilih tipe pertanyaan, setelah jawaban masuk akan muncul notifikasi yang menyatakan pertanyaan itu berbentuk kuis atau lainnya sesuai kebutuhan kita. Jika kita akan menampilkan presentasi pada peserta didik, maka tekan tombol present di pojok kanan atas.

Pada setiap tampilan presentasi, akan muncul kode angka yang akan kita sampaikan kepada peserta didik, selanjutnya mereka dapat mengunjungi situs www.menti.com kemudian memasukkan kode angka yang kita berikan (google.com/amp/irvahn.com).

Dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi ini, hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bakalan, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang terhadap materi muatan pelajaran bahasa Indonesia indikator “Membuat Pertanyaan Berdasarkan Teks Nonfiksi” meningkat secara signifikan dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan sebelumnya hanya 63 persen menjadi 96 persen setelah menggunakan aplikasi ini.

Mentimeter terbukti efektif dalam pembelajaran jarak jauh untuk meningkatkan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar siswa menjadi optimal. Semoga aplikasi ini bisa menjadi salah satu referensi guru dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh agar siswa tidak mengalami kejenuhan dan tetap semangat dalam menerima setiap materi pelajaran yang diberikan oleh guru. (ti2/lis)

Guru SD Negeri Bakalan, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang

Terbaru

Syekh Jumadil Kubro Generasi Pertama Walisongo

RADARSEMARANG.ID - Makam Syekh Maulana Jumadil Kubro ditemukan pada zaman penjajahan Belanda. Makamnya berlokasi di Jalan Arteri Yos Sudarso...

Lainnya

Menarik

Populer

Taman Pierre Tendean Usung Konsep Smart Park

RADARSEMARANG.ID, Semarang - Taman Pierre Tendean bakal menjadi taman percontohan di Kota Semarang. Mengusung konsep Smart Park dengan sentuhan...