alexametrics


Hasil Belajar Bersinar dengan Strategi Example non Example

Oleh : Khaerun S.Pd.I

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, MATA pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) merupakan salah satu ilmu di bidang agama dan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mendidik manusia agar beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, serta memiliki akhlaqul karimah yang dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Dengan demikian, maka berhasil atau tidaknya seorang pendidik dalam menyampaikan pembelajaran harus dibuktikan dengan hasil belajar siswa.

Salah satu komponen yang berpengaruh dalam pendidikan adalah proses pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan interaktif edukatif antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan lingkungan sekolah dan peserta didik guru dengan lingkungan sekolah. Guru adalah salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Dalam proses pendidikan di sekolah, guru merupakan ujung tombak.

Examples non Examples merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan contoh. Contoh dapat diperoleh dari kasus atau gambar yang relevan sesuai dengan Kompetensi Dasar (Dimyati Mudjiono: 2013:174). Strategi yang dianggap mendorong siswa belajar secara aktif dalam proses pembelajaran khususnya pembelajaran PAI dan BP di SMP Negeri 2 Kajen adalah strategi pembelajaran Example non Example. Strategi pembelajaran Example non Example adalah ditujukan untuk mengajarkan siswa dalam belajar memahami dan menganalisis sebuah konsep. Konsep pada umumnya dipelajari melalui dua cara, pengamatan dan defenisi. Example non Example adalah strategi yang dapat digunakan untuk mengajarkan defenisi konsep.

Strategi ini mendorong siswa untuk belajar berpikir kritis dengan memecahkan permasalahan-permasalahan yang termuat dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Dengan demikian, strategi ini menekankan pada konteks analisis siswa. Gambar yang digunakan dalam srategi ini dapat ditampilkan melalui yang paling sederhana, yaitu poster. Gambar ini haruslah jelas terlihat meski dari jarak jauh, sehingga siswa yang berada di bangku belakang dapat juga melihatnya dengan jelas. Strategi Example non Example juga ditujukan untuk mengajarkan siswa dalam belajar memahami dan menganalisis sebuah konsep. Konsep pada umumnya dipelajari melalui dua cara, pengamatan dan defenisi.

Kelebihan strategi pembelajaran Example non Example adalah siswa berangkat dari satu definisi yang selanjutnya digunakan untuk memperluas pemahaman konsepnya dengan lebih mendalam dan lebih kompleks. Siswa terlibat dalam satu proses discovery (penemuan), yang mendorong mereka untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari example dan non example. Siswa diberi sesuatu yang berlawanan untuk mengeksplorasi karakteristik dari suatu konsep dengan mempertimbangkan bagian non example yang dimungkinkan masih terdapat beberapa bagian yang merupakan suatu karakter dari konsep yang telah dipaparkan. Model ini membuat siswa lebih kritis dalam menganalisa gambar. Siswa mendapatkan pengetahuan yang aplikatif dan materi berupa contoh gambar dan yang lebih penting, siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya secara pribadi.

Hasil belajar siswa SMP Negeri 2 kajen sebelum menggunakan strategi pembelajaran Example non Example pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti rata-rata rendah. Setelah diterapkannya strategi pembelajaran Example non Example ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang meningkat setelah diterapkannya strategi pembelajaran Example non Example. (bp1/ida)

Guru PAI dan Budi Pekerti SMPN 2 Kajen

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer