alexametrics


Enam Tips Pembelajaran Jarak Jauh Menjadi Efektif

Rekomendasi

RADARSEMARANG.ID, Belajar efektif dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) bertujuan agar menghasilkan mutu dan kualitas baik. Bagi peserta didik harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan bertanggungjawab. Meskipun pembelajaran tidak bertemu langsung dan tidak bertatap muka, tetapi tujuan pembelajaran harus dicapai secara efektif dan maksimal. Proses belajar agar efektif siswa dan guru terus komunikasi dengan baik dan lancar. Ada tiga tips yang diberikan kepada peserta didik agar proses PJJ menjadi efektif dan mencapai hasil yang memuaskan.

Tips pertama motivasi diri yang merupakan dorongan yang muncul dari dalam diri siswa. Dengan ada dorongan atau motivasi dalam diri siswa, tanpa disadari rasa disiplin dan tanggungjawab akan tertanam dan menjadi pribadi yang lebih baik. Apabila motivasi diri tidak ditanamkan, maka proses PJJ tidak akan berjalan dengan efisien dan efektif. Motivasi diri juga membutuhkan peran orang tua untuk mengingatkan. Tidak hanya orang orang tua, peran teman satu kelas pun bisa membantu untuk saling menegur dan mengingatkan. Dua faktor di atas harus bersinergi agar motivasi diri bisa terwujud dan terlaksana dengan baik dan benar.

Tips kedua, atur waktu dengan sebaik mungkin agar waktu siswa tidak habis untuk bermain dan main game. Mengatur waktu di masa pandemi ini sangat diperlukan karena proses PJJ ini membutuhkan agenda waktu kapan bermain dan belajar. Tips ketiga, mengerjakan tugas. Tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan jangan sekali-kali ditunda. Komunikasikan dengan guru dan teman kelas, apabila mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas. Dengan demikian beban yang dipikul siswa tidak akan terasa berat dan ringan karena dikerjakan secara teratur dan efektif.

Tips keempat, tanyakan kepada guru mata pelajaran pada saat proses PJJ. Meskipun tidak bisa bertemu secara langsung, jangan dijadikan alasan sulit untuk berkomunikasi dengan guru. Di zaman modern saat ini, siswa bisa menggunakan aplikasi WhatsApp atau telepon dengan etika yang sopan untuk menanyakan materi yang sulit dipahami dan dimengerti. Kalau sulit memahami dan mengerti materi bisa bertanya kepada orang tua, teman satu kelas, dan teman satu desa yang rumahnya dekat.

Tips kelima, ulangi materi lagi. Dalam pemahaman materi pembelajaran membutuhkan waktu berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang optimal dan masksimal. Hal ini dilakukan agar pada saat mengerjakan tugas, siswa tidak bingung dan tidak perlu membaca buku tersebut secara berulang-ulang. Pada model PJJ, siswa bisa memutar kembali video yang guru share di grup kelas. Siswa juga bisa membuat rangkuman materi pada hari itu, membuat peta konsep, dan mencacat materi walaupun belajar di rumah.

Tips keenam, lanjutkan dan perbaiki. Setelah siswa mencoba strategi 1 sampai 5, renungkan kembali apakah model pembelajaran ini berhasil atau tidak. Apabila penyerapan materi sudah merasa nyaman dengan model pembelajaran tersebut, maka bisa dikatakan proses PJJ dikategorikan sukses. Tetapi jika siswa merasa belum optimal, kira-kira faktor apa yang menghambat dan membuat siswa sulit memahami materi? Terus cari solusi dan minta saran kepada orang tua, saudara, dan teman.

Demikian tips agar proses PJJ menjadi efektif. Tetaplah belajar dengan semangat jangan putus asa, karena banyak solusi dan saran bisa membantu agar belajar menjadi efektif. Jaga kesehatan dan tetap di rumah saja. Jauhi kemurunan dan rajinlah cuci tangan. (ips2.2/aro)

Guru BK SMP Negeri 1 Karanganyar, Kab. Pekalongan

Terbaru

Populer

Lainnya