alexametrics


Manfaat Pembelajaran Praktik Olahraga Sistem Daring saat Covid-19

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Dengan dasar pendidikan dan Kurikulum 2013 dan peraturan sistem pendidikan dengan PP. N0 20 Tahun 2005 serta adanya tuntutan sistem pengajaran harus tetap berjalan, timbulnya wabah penyakit akibat Covid-19 yang terjadi, maka menurut penulis, ini sedikit menarik. Karena untuk pendidikan jasmani lebih dominan pada praktik secara berkelompok dibanding individu. Atau orang awam menyebutkan pembelajaran olahraga cenderung mengacu banyak di praktik dibanding teori.

Adanya Covid-19 tidak menyurutkan penulis untuk mengajar dan mengamalkan ilmu. Justru membuat semangat dan termotivasi mengamalkan ilmu sambil belajar dan bekerja sama dengan siswa SMP Negeri 41 Semarang untuk tetap bisa komunikasi dan interaksi model sistem pembelajaran daring.

Adanya aturan siswa harus belajar di rumah, seperti yang diinformasikan lewat berita bahwasanya Covid-19 hanya depat dicegah dengan imun yang kuat serta budaya polah hidup sehat. Adanya sistem Kurikulum 2013 untuk pembelajaran olahraga biar tetap berjalan meski ada Covid-19, penulis sebagai guru olaharaga mempunyai inovasi ‘pembelajaran daring materi kebugaran jasmani.“ Pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan dan daya tahan fisik atau tubuh seseoarang dalam melakukan berbagai aktifitas kehidupan sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

Kendati demikian penulis memanfaatkan sarana prasarana dari sumber yang relevan dan memanfaatkan situasi untuk mengajak para pelajar dan wali murid bekerja sama memastikan mereka mempu menonton kegiatan yang bermanfaat dan berfaedah.

Dengan materi daring yang penulis sampaikan banyak manfaatnya bisa sambil mempraktikan seperti naik turun kursi sambil berjemur dan mendengarkan musik. Dari keterangan tadi ada tiga segi manfaat dalam kondisi Covid-19 ini. Manfaatnya adalah pembelajaran tetap berjalan, tetap olahraga dan jaga imun dan rileks serta enjoy.
Dengan demikian pembelajaran daring dengan materi kebugaran jasmani untuk pandangan serta referensi bahwa kedisiplinan, etika, akhlak di situ juga tetap tertanam walaupun dengan praktik gerak kebugaran jasmani. Penulis menyimpulkan pembelajaran daring juga harus ada kombinasi kepedulian baik sesama pendidik, pelajar SMP Negeri 41 Semarang ataupun para orang tua.

Karena siswa itu sendiri menilai berdasarkan apa yang mereka lihat. Dan sudah menjadi tugas penulis sebagai guru penjaskes di SMP Negeri 41 Semarang untuk memberikan pandangan bahwasanya pembelajaran daring itu sendiri bisa dilakukan secara teori maupun praktik. Dengan sistem pembelajaran daring yang enjoy dan sehat sambil praktik berolahraga pada titik sasaran dan tujuan pembelajaan daring sesuai materi praktik, indikator dan kompetensi dasar pada pembelajaran. Mengingat Covid-19 yang tidak kunjung mereda perlu bagi kita untuk safe! Stay healty! And stay at home too happy nice everyone.

Semoga pembelajaran sistem daring dengan materi kebugaran jasmani dapat bermanfaat juga untuk para guru atau pengajar di sekolahan lainnya dan para orang tua. (dar1/lis)

Guru SMP Negeri 41 Semarang

Terbaru

Populer