Penilain Kinerja Guru Tingkatkan Profesional Pendidik

242
Oleh : Endang Saptiariani S.Pd
Oleh : Endang Saptiariani S.Pd

RADARSEMARANG.ID, PENILAIAN kinerja guru menurut Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2009, adalah penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama guu dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya. Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan seorang guru dalam penguasaan dan penerapan kompetensinya. Dalam hal ini adalah kompetensi yang sangat diperlukan bagi guru seperti yang diamanatkan oleh Permendiknas nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Penguasaan dan Penerapan Kompetensi sangat menentukan tercapainya kualitas proses pembelajaran, pembimbingan peserta didik, dan pelaksanaan tugas tambahan yang relevan sesuai dengan fungsi sekolah/madrasah. Kinerja guru berkaitan dengan kompetensi yang dimiliki guru. Kompetensi guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban–kewajiban secara bertanggung jawab dan layak. Kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan profesional dalam menjalankan fungsinya sebagai guru.

Penilaian kinerja guru adalah penilaian dari tiap butir tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya. Unsur yang dinilai adalah 14 kompetensi untuk guru kelas di SD Negeri 07 Kabunan Taman Pemalang dan mata pelajaran, untuk guru bimbingan dan konseling ada 17 komponen yang diturunkan dari empat domain kompetensi tersebut, tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah seperti jabatan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala perpustakaan kepala laboratorium.

Penilain kinerja guru di SD Negeri 07 Kabunan Taman Pemalang dilaksanakan secara teratur setiap tahun, diawali dengan evaluasi diri dan memperhatikan hal-hal berikut, objektif, adil, akuntabel, bermanfaat, transparan, berorientasi pada tujuan, berorientasi pada proses, berkelanjutan dan rahasia. Hasil penilaian kinerja guru diharapkan dapat untuk menentukan berbagai kebijakan yang terkait dengan peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru sebagai, ujung tombak pelaksanaan proses pendidikan dalam menciptakan insan yang cerdas, komprehensif, dan berdaya saing tinggi. Penilaian kinerja guru merupakan pedoman untuk mengetahui unsur–unsur kinerja yang dinilai dan sebagai sarana untuk mengkaji kekuatan dan kelemahan individu dalam rangka memperbaiki kualitas kinerjanya.

Penilaian Kinerja Guru (PKG) sangatlah penting dimana tingkat pendidikan guru akan sangat mempengarui baik tidaknya kinerja guru. Karena kemampuan seorang guru sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikannya. Sebab, melalui pendidikan itulah seseorang mengalami proses dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa. Aspek yang sangat penting untuk menunjang kemampuan seorang guru yaitu dengan penilaian kinerja guru yang menjamin ketercapaiannya suatu pembelajaran dan pendidikan dengan konsep guru professional. PKG dilakukan untuk melihat kinerja guru dalam melaksanakan tugas utamanya yaitu melaksanakan tugas utama yaitu melaksanakan pembelajaran, pembimbingan, dan pelaksanaan tugas lain yang relevan dengan sekolah. Dengan PKG akan mampu berkontribusi secara optimal dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan mambantu guru dalam pengembangan karirnya sebagai seorang yang profesional. (db2/ida)

Kepala SD Negeri 07 Kabunan Taman Pemalang