alexametrics


Take and Give Tingkatkan Hasil Belajar Prakarya

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran prakarya sebagai mata pelajaran praktik, menjadikan siswa malas untuk mempelajari prakarya dalam bentuk teori. Selain itu ketidaktahuan siswa mengenai manfaat prakarya dalam kehidupan sehari-hari menjadi penyebab mereka cepat bosan dan kurang tertarik, juga karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang variatif dan inovatif.

Alternatif tindakan untuk mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan kreativitas guru dengan model pembelajaran Take and Give. Model pembelajaran ini tidak kaku karena guru boleh memodifikasi penggunaannya sesuai keinginan dan kebutuhan pembelajaran. Model pembelajaran Take and Give merupakan model pembelajaran yang didukung oleh penyajian data yang diawali dengan pemberian kartu kepada siswa (Huda, 2013:241). Take and Give dapat diartikan menerima dan memberi, menuntut siswa untuk mampu memahami materi pelajaran yang diberikan guru dan teman sebayanya atau siswa yang lain. Mengajar teman sebaya memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari sesuatu yang baik pada waktu yang sama saat ia menjadi narasumber bagi yang lain.

Adapun langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran Take and Give menurut Uno dan Mohamad (2011) yaitu: (a) Siapkan kelas sebagaimana mestinya, (b) Jelaskan materi sesuai dengan indikator pembelajaran, (c) Untuk memantapkan penguasaan siswa, setiap siswa diberi satu kartu untuk dipelajari (dihafal) lebih kurang 15 menit, semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling memberi informasi. Setiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu, (d) Demikian seterusnya, sampai setiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give), untuk mengevaluasi keberhasilan berikan siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya dan kartu pasangannya, (e) Setelah selesai guru bersama siswa membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran.

Pelaksanaan pembelajaran Take and Give yang dilakukan pada mata pelajaran prakarya di kelas VII B SMP Negeri 1 Bejen Kabupaten Temanggung yaitu guru menyiapkan kartu dengan ukuran 10 x 15 cm untuk sejumlah siswa, setiap kartu berisi nama siswa dan bahan belajar berupa informasi, kompetensi dan sajian materi yang yang harus dihafal oleh siswa. Masing-masing siswa mencari pasangan untuk menginformasikan materi yang berhubungan dengan materi pengolahan bahan pangan buah segar menjadi makanan dan minuman, tiap siswa mencatat nama pasangannya pada kartu kontrolnya, demikian seterusnya sampai setiap siswa dapat saling memberi dan menerima informasi materinya, guru memberi siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya dan kartu pasangannya untuk mengevaluasi keberhasilan tiap siswa, terakhir guru bersama siswa membuat kesimpulan.

Lewat pembelajaran Take and Give ini materi lebih terarah karena guru terlebih dahulu menjabarkan uraian materi sebelum dibagikan kepada siswanya, menumbuhkan suasana kegembiraan dalam proses pembelajaran, kerjasama antar siswa terwujud dengan dinamis, siswa dapat menghargai kemampuan orang lain, membangkitkan motivasi siswa untuk dapat menjawab pertanyaan dan bertanggung jawab terhadap kartu yang diberikan. Hal ini mendorong pembentukan karakter siswa dan pengetahuan tentang materi yang dikuasai, sehingga hasil belajar siswa bisa meningkat. (pai1/ton)

Guru Prakarya SMP Negeri 1 Bejen Kabupaten Temanggung

Terbaru

Populer