alexametrics


Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Permainan Pindah Bola

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, OLAHRAGA atletik merupakan salah satu dasar pembinaan olahraga dan gerak jasmani, sangat penting peranan pembelajaran atletik disesuaikan dengan kemampuan siswa. Pembelajaran atletik di sekolah merupakan upaya peletakan dasar kemampuan olah tubuh dan olah gerak sehingga dalam proses pembelajarannya menekankan pada faktor kegembiraan/kesenangan pada siswa berupa permainan gerak dan kegiatan olahraga atletik.

Lompat jauh merupakan salah satu cabang dalam olahraga atletik. Sebagai cabang dari olahraga atletik, gerakan-gerakan yang dilakukan dalam lompat jauh merupakan gabungan dan pengembangan dari gerakan-gerakan dasar atletik yaitu gerakan lari dalam menempuh awalan untuk memberikan daya tolakan yang maksimal dan gerakan melompat sebagai kelanjutannya untuk mencapai jarak lompatan sejauh-jauhnya.

Lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan dengan bertolak pada satu kaki untuk mencapai suatu kejauhan yang dapat dijangkau (Edi Warsidi, 2014:43). Gerakan lompat jauh dapat dibagi menjadi awalan, tumpuan atau tolakan, saat melayang di udara dan mendarat di bak pasir. Lompat jauh dapat dilakukan dengan beberapa macam gaya. Beberapa macam gaya yang digunakan adalah, 1) gaya jongkok, 2) gaya lenting, dan 3) gaya berjalan di udara.

Lompat jauh gaya jongkok merupakan salah satu gaya yang paling sering digunakan oleh siswa karena beberapa pertimbangan yang mendasari penggunaannya antara lain mudah dipelajari, mudah dilaksanakan dan juga dapat memberikan hasil yang optimal.
Secara umum dapat dikemukakan bahwa unsur utama penyebab kurangnya pencapaian lompat jauh pada siswa adalah teknik awalan, tumpuan/tolakan, saat melayang di udara dan mendarat yang kurang baik. Faktor penyebabnya adalah kurangnya power otot tungkai siswa dan kurang baiknya teknik awalan, tumpuan/tolakan, saat melayang di udara serta mendarat.

Dalam upaya meningkatkan hasil lompat jauh, perlu memperhatikan faktor-faktor dasar penyebabnya. Salah satu upaya untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan memberikan pelajaran yang bertujuan untuk memperbaiki teknik lompat yang lebih baik.

Guru perlu mencoba untuk mengadakan pembaharuan dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga siswa lebih tertarik dan aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Anak akan merasa senang dan gembira dalam mengikuti pelajaran yang sifatnya menggembirakan. Pembelajaran teknik lompat jauh dapat dilakukan dalam bentuk lain yang menyerupai dan mengarah pada pembentukan gerak keterampilan lompat jauh. Bentuk pembelajaran seperti ini dapat disebut pembelajaran dengan metode tidak langsung. Salah satu bentuk pembelajaran tidak langsung adalah metode bermain.

Permainan yang dirasa cocok dan sesuai dengan materi lompat jauh adalah permainan pindah bola, karena dengan permainan ini akan meningkatkan power otot tungkai siswa dan kurang baiknya teknik awalan, tumpuan/tolakan, saat melayang di udara serta mendarat.

Permainan pindah bola ternyata dapat meningkatkan aktivitas, semangat dan memperbaiki teknik dasar siswa SMP Negeri 1 Pageruyung, Kabupaten Kendal dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dan hasil lompatan siswa lebih jauh karena kekuatan power otot tungkai siswa meningkat, sehinggat target pembelajaran dapat tercapai. (ips2.1/ida)

Guru Penjasorkes SMP Negeri 1 Pageruyung Kendal

Terbaru

Populer