Lebih Asyik Belajar Bahasa Inggris dengan Quizizz di Masa Pandemi Covid 19

510
Oleh: Sugeng, S.Pd., M.Si
Oleh: Sugeng, S.Pd., M.Si

RADARSEMARANG.ID, Corona Virus Disease (Covid 19) yang mulai melanda di negeri ini di awal tahun 2020 benar-benar telah melumpuhkan tidak hanya sektor ekonomi negara ini tetapi juga dunia pendidikan. Peserta didik tidak bisa belajar di kelas dan pembelajaran daring menjadi pilihan sebagai pengganti kegiatan pembelajaran di kelas.
Penulis sebagai guru bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Demak harus berusaha keras untuk bisa tetap melaksanakan pembelajaran daring. Seperti kita ketahui bahwa bahasa Inggris adalah salah satu pelajaran yang sering jadi momok dan tidak disukai para peserta didik.
Mengajar bahasa Inggris secara langsung saja peserta didik masih susah memahami, apalagi kita harus mengajar dari jarak jauh. Berbagai model tugas dilakukan dalam pembelajaran daring, akan tetapi hasilnya kurang memuaskan.

Peserta didik mulai merasa bosan hanya dengan mengerjakan tugas yang diberikan guru. Guru juga mulai kewalahan memeriksa hasil pekerjaan peserta didik yang dikirim melalui gambar/foto.

Untuk mengatasi masalah ini penulis berupaya menemukan model pembelajaran yang menyenangkan. Menurut Marc Prensky (2012 ,90), game edukasi adalah game yang didesain untuk belajar, tapi tetap bisa menawarkan bermain dan bersenang-senang. Dengan dasar pendapat tersebut, penulis berusaha mencari game yang cocok sebagai media pembelajaran inovatif untuk mengatasi masalah ini dan sebagai jawabannya adalah Quizizz.
Quizizz adalah sebuah game/permainan yang dibuat untuk bermain/mengerjakan kuis yang bisa dilakukan bersama teman atau kelompok atau bisa juga dimainkan sendiri. Quizizz ini adalah sebuah aplikasi yang bisa dibuat untuk permainan atau mengerjakan soal online interaktif dimana soal atau permainan ini dapat disesuaikan dengan materi pelajaran di kelas.

Soal pada quizizz ini dapat dibuat dalam bentuk benar salah/true-false atau dalam pilihan ganda dimana dalam satu soal kuis ini pilihan ganda terdiri dari 4 pilihan jawaban. Kita dapat memasukkan jawaban yang benar pada soal dalam kuis tersebut. Bila soal kuis telah selesai dibuat, soal tersebut dapat dibagikan kepada peserta didik melalui link atau 6 digit kode yang dihasilkan saat akan membagikan kepada peserta didik.

Tidak hanya ini saja, data dan statistik hasil kerja peserta didik dapat diberikan oleh quizizz ini. Data hasil pekerjaaan peserta didik tersebut dapat dianalisis sehingga memudahkan guru untuk membuat analisa tingkat kesukaran soal. Guru juga bisa langsung mengetahui dan memantau skor peserta didik. Kuis ini tidak hanya bisa dikerjakan di kelas saja atau saat mata pelajaran sedang berlangsung. Kuis ini juga bisa disetting menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi peserta didik dan diatur batas pengerjaannya. Kuis ini dapat dimainkan oleh peserta didik kapan saja dan di mana saja asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Kelebihan dari quizizz ini adalah peserta didik dapat mengerjakan soal-soal dalam kuis ini dengan menyenangkan karena adanya fitur meme. Fitur meme ini adalah sebuah fitur yang bisa kita buat sendiri dengan menggunakan gambar atau kalimat untuk memberi semangat peserta didik ketika mereka memberi jawaban benar atau salah.
Sebagai contoh “Excellent” ketika jawaban benar, dan “Oh my God!” jika jawaban salah. Guru bisa membuat kuis itu sendiri ataupun berkolaborasi dengan guru lain sesuai dengan materi yang diinginkan. Di akhir pekerjaannya peserta didik dapat mengetahui ranking yang dia dapat dari keseluruhan peserta didik yang mengerjakan soal tersebut. Tidak hanya itu, peserta didik juga dapat mengetahui soal dan jawaban yang benar dari soal yang telah dikerjakannya.

Dengan berbagai kelebihan yang diberikan oleh Quizizz ini, sehingga Quizizz bisa dijadikan media pembelajaran yang asyik dan menarik di masa pendemi Covid-19 ini. (ips1/lis)

Guru Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Demak
















Tinggalkan Balasan