Serunya Belajar Makanan Sehat dengan Metode Expert Group

251
Oleh: Siti zumsiyah,S.Pd
Oleh: Siti zumsiyah,S.Pd

RADARSEMARANG.ID, MENGAJAR hari ini memiliki tantangan tersendiri karena guru tertantang untuk bisa menyesuaikan perkembangan jaman, psikologi anak, lingkungan, dan kebiasaan anak. Guru perlu mengkombinasi berbagai tehnik,metode, dan pendekatan. Untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan maka keterlibatan semua siswa adalah salahsatu faktornya. Penulis kali ini dalam mengajarkan materi makanan sehat pada kelas V menggunakan metode Expert Group.

Metode Expert Group adalah metode pembelajaran melalui pembentukan kelompok peserta didik yang berperan sebagai ahli dalam materi yang akan dibahas. Materi pelajaran yang paling cocok dilaksanakan melalui Metode Expert Group adalah materi yang mengandung unsur perbedaan atau pembagian misalnya makanan sehat, perbedaan makanan sehat dan tidak sehat. Metode ini dilakukan melalui sistem kerja kelompok yang heterogen, dengan memanfaatkan hal-hal yang positif antaranggota kelompok untuk menumbuhkan kerja sama saling membantu dan saling mendorong untuk menyelesaikan persoalan tertentu. Kemampuan berkerja sama dalam kelompok merupakan kemampuan yang penting bagi peserta didik untuk dilatih dalam memecahkan berbagai persoalan yang mereka hadapi. Metode ini juga melibatkan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, perlunya pengembangan peserta didik belajar mandiri, dan perlunya peserta didik memiliki kemampun untuk mengembangkan pengetahuannya sendiri.

Metode Expert Group ini dikembangkan menggunakan filosofi sebagai berikut pertama,Mengembangkan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan luas bagi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diperlukan. Kedua,Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya menjadi kemampuan berpikir rasional. Ketiga,Mengembangkan kemampuan intelektual peserta didik. Ke empat,Meningkatkan kemampuan berkomunikasi, sikap sosial, kepedulian, dan berpartisipasi untuk membangun kehidupan masyarakat.

Langkah–langkah pembelajaran dalam menerapkan metode expert group pada materi makanan sehat di kelas V SDN 03 Pendowo Bodehsebagai berikut pertama,Guru memberikan pendahuluan sekitar sepuluh menit mengenai makanan sehat. Kedua,Pembagian kelompok peserta didik Expert, dilakukan dengan cara mempersilahkan dua orang peserta didik mewakili kelompok tertentu . Ada empat kelompok sehingga jumlah peserta didik Expert menjadi delapan orang sekitar delapan menit. Ketiga,Guru memberikan empat amplop yang berisi rangkuman pendapat masing-masing kelompok kepada peserta didik yang mewakili kelompok -kelompok tersebut. Ke empat, Guru memberikan waktu kepada peserta didik Expert untuk mempelajari rangkuman pendapat masing-masing sekitar sepuluh menit. Kelima,Bersamaan dengan kegiatan nomor empat, guru mempersilahkan peserta didik yang bukan expert untuk membuat pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan makanan sehat.

Keenam,Tanya-Jawab, pertanyaan disampaikan oleh peserta didik bukan expert dan ditujukan kepada kelompok yang dia inginkan sekitar lima belas menit, ketujuh, Peserta didik diminta mengisi worksheet berisi argument yang mendukung dan menolak mengenai Euthanasia yang disampaikan dalam tanya jawab sebelumnya sekitar delapan menit, bisa melihat contoh worksheet. Kedelapan, Peserta didik menempelkan worksheet yang sudah terisi tersebut di atas buku catatannya selama dua menit. Kesembilan, Peserta didik dipersilahkan keluar kelas per kelompok sambil membawa buku Pekerjaan Rumah (PR) yang sudah disiapkan di atas meja dekat pintu keluar. Terakhir ,Di dalam buku PR sudah disisipkan worksheet yang harus diisi pendapat keluarga peserta didik yang bersangkutan mengenai makanan sehat.

Demikian pembelajaran materi makanan sehat dengan metode expert group sangat menyenangkan karena siswa saling bertukar informasi secara merata. Harapan mencapai pemahaman secara menyeluruh bisa tercapai. (oln4.1/zal)

Guru Kelas V SDN 03 Pendowo Bodeh

Tinggalkan Balasan