Tingkatkan Prestasi melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Pair Share Alam

120
Oleh: Kumiyati, S. Pd. SD
Oleh: Kumiyati, S. Pd. SD

RADARSEMARANG.ID, MASALAH pada penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS kelas IV khususnya pada materi Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam. Rendahnya prestasi belajar disebabkan kurangnya perhatian siswa selama pembelajaran berlangsung karena siswa yang bertanya sangat kurang, demikian halnya bila guru yang bertanya kepada siswa, sehingga umpan balik tidak terjadi sama sekali. Ini dikarenakan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran pokok pada jenjang pendidikan dasar. Keberadaan siswa dengan status dan kondisi sosial yang berbeda-beda tentunya akan menghadapi masalah yang berbeda pula dalam perjalanan hidupannya. Ilmu Pengetahuan Sosial juga merupakan bidang ilmu yang terintegrasi dari mata pelajaran Sejarah, Geografi, dan Ekonomi serta mata pelajaran ilmu sosial lainnya Sapriya (dalam Hermet 2010: 7).

Padahal umpan balik dalam pembelajaran sangat diperlukan untuk menumbuhkan sifat keingin-tahuan siswa dalam memotivasi siswa untuk lebih rajin menggali informasi melalui bacaan. Kurangnya perhatian siswa dapat mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Hal tersebut disebabkan karena guru dalam melakukan pembelajaran kurang menggunakan alat peraga sehingga siswa merasa jenuh dengan proses pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang rancangan penelitiannya mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Informan penelitian sebanyak empat orang dengan kualifikasi semua siswa yang berkemampuan rendah. Jenis data yang diperoleh adalah aktivitas guru dan siswa di kelas dan hasil belajar siswa. Data aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran diperoleh dengan lembar observasi dan data prestasi belajar diperoleh dengan tes individu.

Peneliti mencoba menerapkan suatu pembelajaran yang sifatnya melibatkan kelompok kecil yang saling bekerja sama dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Di mana dalam pembelajaran ini siswa lebih aktif belajar bersama untuk saling membantu dalam memecahkan masalah dan mengeluarkan pendapat terhadap teman sekelompoknya. Dalam hal ini pembelajaran dibuat dalam setting kooperatif tipe Think Pair Share. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share siswa diharapkan dapat saling membantu dalam menyelesaikan masalah ataupan soal yang diberikan oleh guru. Pemilihan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share karena model tersebut memiliki prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi siswa waktu lebih banyak berpikir, menjawab, dan saling membantu satu sama lain.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II dan untuk analisis tes akhir tindakan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan belajar klasikal sebesar 36% yaitu dari 64% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri Tanjunganyar 1 Kecamatan Gajah Kabupaten Demak Pada materi Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam. (gjh1/zal)

Guru SDN Tanjunganyar 1





Tinggalkan Balasan