Pembelajaran Matematika di Era Pandemi Covid-19 dengan Elearning Model Schoology

589
Oleh : Lilis Haryati, S.Pd
Oleh : Lilis Haryati, S.Pd

RADARSEMARANG.ID, BELAJAR menurut Bruner merupakan suatu proses aktif yang memungkinkan manusia untuk menemukan hal – hal baru diluar informasi yang diberikan kepada dirinya. Belajar merupakan suatu proses terbentuknya tingkah laku, pegalaman dan informs baru, bukan merupakan tujuan. Jadi belajar merupakan serangkaian prosedur yang ditempuh peserta didik. Apalagi di era pandemic yang sekarang ini banyak siswa yang mengeluhkan susah untuk menerima materi pembelajaran yang diajarkan oleh bapak ibu gurunya masing – masing setiap mata pelajaran. Karena hampir seluruh peserta didik belajar dirumah, jadi untuk tatap muka tidak memungkinkan. Begitupula diSMP saya SMP 3 Bojong khususnya mapel Matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung kelas 9 yang merupakan materi pembahasan terakhir untuk materi penilaian akhir semester.

Pada pembelajaran materi ini saya mencoba menggunakan media Teknolgi Informatika dan Komunikasi yang sudah SMP 3 Bojong laksanakan yaitu menggunakan APlikasi Schoology. Langkah awal guru dan siswa harus mendaftar dulu diaplikasi tersebut dengan menggunakan google chrom, jika guru kita pilih teacher dan siswa memilih student. Untuk pendaftaran kita menggunakan email dan juga ada password untuk masuk ke aplikasi tersebut. Setelah siswa selesai mendaftar, mereka bisa download aplikasinya diplaystore dan bisa masuk ke aplikasinya jika sudah terdownload. Sehingga setiap siswa mempunyai email dan kode password masing – masing.

Jika peserta didik lupa email atau password, maka guru bisa melihat email dan password mereka dikelas masing – masing dengan syarat mereka sudah masuk kekelas tersebut. Dalam pembelajaran berbasis TIK model ini untuk materi tentang bangun ruang saya upload dischoology dan meminta peserta didik untuk bergabung dikelas online yang saya buat, dengan membagikan kode akses kelas kemasing – masing siswa digrup Whatshhap kelas masing – masing. Materi bisa bentuk Pdf maupun Link kealamat materi yang terkait, peserta didik akan mudah mempelajari materi tersebut dan jika mereka mengalami masalah dalam pembelajaran bisa ditanyakan di kelas tersebut. Peserta didik bisa berkomentar tentang seputar materi yang diberikan saya dikelas online tersebut. Kemudian setelah siswa dirasa paham maka untuk Penilaian Hariannya juga saya menggunakan adplikasi Schoology juga untuk Testnya.

Untuk prosesnya juga sangat mudah, soal saya tuliskan langsung dischoology dengan cara membuat kelas penilaian harian (PH) tentang bangun ruang. Selain soal jawaban bisa langsung dituliskan, kita bisa mengatur test kapan akan dimulai dan berakhir. Sehingga, jika siswa sudah selesai melaksanakan test maka nilai sudah masuk dengan sendirinya, kita hanya mengeksport nilai dari aplikasi ini ke Microsoft XL, dan bisa langsung kita olah pada daftar nilai yang saya miliki. Model ini sangat mudah dan membantu kami di SMP 3 Bojong khususnya saya dalam memberikan materi tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung, untuk gambar bola dan bangun runag lainnya bisa ditampilkan dengan video.

Dengan model pembelajaran berbasis TIK khusunya aplikasi tesebut diharapkan dapat meringankan beban peserta didik dalam belajar dirumah dimasa pandemic covid _19 seperti sekarang ini. Dan untuk nilai juga Alhamdulillah ada kenaikan walau mungkin hanya sedikit, setidknya ada antusias siswa dalam belajar dirumah dan tidak kemana – mana. Besar harapan saya dengan adanya aplikasi tersebut bisa membantu siswa – siswi kami SMP 3 bojong dalam menyikapi pemakaian Android untuk hal – hal yang bermanfaat pada pembelajaran dan khusunya untuk pembelajaran matematika tentang bangun Ruang Sisi Lengkung tersebut. Saya juga mengharapkan kondisi ini segera berakhir, sehingga anak – anak bisa bersekolah seperti semula. (gm1/zal)

Dari SMP Negeri 3 Bojong





Tinggalkan Balasan