Dengan Picture And Picture Belajar Daily Activities lebih Menyenangkan

320
O l e h : Dra. Sri Wahju R
O l e h : Dra. Sri Wahju R

RADARSEMARANG.ID, BAHASA Inggris merupakan salah satu pelajaran yang memiliki peran penting bagi perkembangan kemampuan peserta didik. Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi untuk memahami, mempelajari dan mengembangkan pengetahuan. Salah satu materi yang ada di mata pelajaran Bahasa Inggris adalah materi teks tentang Daily Activities. Teks tentang Daily Activities adalah sebuah teks yang isinya menceritakan tentang suatu tindakan, peristiwa ataupun kegiatan yang dilakukan secara rutin. Banyak siswa kelas VIII SMPN 34 Semarang mengalami kesulitan dalam menyusun teks tentang daily activities mereka. Untuk dapat menyusun teks tentang kegiatan harian mereka ini, salah satu kemampuan pendukung yang harus dimiliki oleh siswa adalah kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris.

Proses dan kegiatan pembelajaran materi daily activities di dalam kelas sering kali memunculkan berbagai permasalahan. Siswa kurang bersemangat mencari arti kata di dalam kamus. Siswa cenderung menunggu penjelasan dan jawaban dari guru. Hanya beberapa siswa yang aktif, sementara siswa yang lain hanya pasif, tidak memiliki respon positif untuk segera menyelesaikan tugasnya, sehingga waktu menjadi terbuang dan kurang efektif. Pembelajaran yang dilakukan secara konvensional membuat siswa pasif yang mengakibatkan kemampuan menyusun teks tentang kegiatan harian mereka relatif rendah.

Dengan kendala tersebut, penulis mencoba melakukan suatu pembelajaran yang sekiranya menyenangkan [ enjoyable learning ]. Rasa senang dalam pembelajaran menjadikan siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Penulis menggunakan metode belajar PICTURE AND PICTURE, yakni dengan menggunakan media pembelajaran gambar – gambar. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif [Munadi 2013].

Penggunaan metode PICTURE AND PICTURE merupakan pilihan untuk mengatasi permasalahan yang ada di sekolah selama ini. Ada beberapa tahapan dalam penerapan metode PICTURE AND PICTURE yang digunakan. Pertama, terlebih dahulu siswa diatur pola duduknya. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap – tiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Kemudian tiap – tiap kelompok diberi beberapa gambar. Gambar – gambar tersebut kemudian didiskusikan siswa bersama dengan kelompoknya. Mereka diminta mengurutkan gambar-gambar tersebut secara logis. Dengan kelompoknya, siswa aktif berdiskusi tentang gambar-gambar yang mereka peroleh. Berikutnya siswa diminta mencari kosakata-kosakata yang berhubungan dengan gambar- gambar yang mereka peroleh. Setelah mereka menemukan beberapa kosakata berdasar gambar yang dimiliki, tiap kelompok diminta untuk menyusun kosakata-kosakata tersebut menjadi kalimat. Siswa dengan kelompoknya aktif berdiskusi untuk menyusun kalimat-kalimat. Kalimat-kalimat yang mereka peroleh kemudian diurutkan, disusun menjadi sebuah teks tentang kegiatan harian. Setelah semua kelompok berhasil menyusun teks , tiap tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasilnya. Setiap siswa dari masing-masing kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil teks mereka. Kelompok lainnya memberikan masukan dan penguatan terhadap hasil teks dari kelompok yang presentasi.

Dengan menggunakan metode PICTURE AND PICTURE dalam pembelajaran di kelas, dapat menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, sehingga siswa belajar dengan antusias dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini menjadikan kemampuan siswa kelas VIII SMPN 34 Semarang dalam menyusun teks tentang Daily Activities menjadi lebih meningkat dari sebelumnya. (dar1/zal)

Guru Mapel Bahasa Inggris SMPN 34 Semarang





Tinggalkan Balasan