Pembelajaran PAI Asyik dengan Metode Bernyanyi

171
Oleh : Fadillah, S.Pd.I.
Oleh : Fadillah, S.Pd.I.

RADARSEMARANG.ID, Metode pembelajaran ialah suatu cara yang dapat digunakan pendidik sebagai teknik dalam proses belajar-mengajar agar materi pelajaran dapat dicerna dengan mudah serta efektif oleh peserta didik. Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair- syair yang dilagukan. Biasanya syair-syair tersebut disesuaikan dengan materi-materi yang akan diajarkan. Bernyanyi merupakan aktivitas mengungkapkan rangkaian kata dengan nada (intonasi) tertentu membentuk sebuah lagu dengan irama (musik). Aktivitas bernyanyi dapat diiringi alat musik dapat juga tanpa alat musik .

Dalam memilih metode pembelajaran ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang berhubungan dengan keadaan siswa sebagai subyek pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yang bersifat mental seperti motivasi, intelegensi, daya pikir, sikap, perhatian, dan sebagainya. Sedangkan faktor eksternal adalah yang berhubungan dengan keadaan yang ada di luar siswa seperti kurikulum, sarana dan sistem administrasi, guru serta faktor metode pembelajaran.

Di era yang modern ini kebanyakan siswa sering merasa mudah bosan dan jenuh dengan pembelajaran yang biasa-biasa saja. Termasuk SD Negeri 1 Nolokerto, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal.

Sebagai seorang guru perlu meningkatkan mutu pembelajarannya, di mulai dari rancangan pembelajaran yang baik dengan memperhatikan tujuan, karakteristik siswa, materi yang diajarkan, dan sumber belajar yang tersedia. Kenyataannya masih banyak di temui proses pembelajaran yang kurang berkualitas, tidak efisien dan kurang mempunyai daya tarik, bahkan cenderung membosankan, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar materi Pendidikan Agama Islam.

Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas. Untuk mengetahui mengapa siswa kurang termotivasi untuk belajar materi Pendidikan Agama Islam, tentu guru perlu merefleksi diri untuk dapat mengetahui faktor-faktor penyebab ketidakberhasilan siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sebagai guru yang baik dan profesional, permasalahan ini tentu perlu ditanggulangi dengan segera. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan metode bernyanyi.

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan pelajaran yang mempunyai materi yang banyak dengan hafalan sehingga mata pelajaran ini sangat penting jika diajarkan dengan cara atau metode yang dapat mudah dipahami oleh siswa. Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode bernyanyi, dengan metode ini siswa lebih cepat menangkap pelajaran yang diajarkan dan daya ingat lebih kuat meskipun materi yang diajarkan sudah berlalu. Dengan menggunakan metode bernyanyi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa dapat memahami materi yang diajarkan dengan mudah.

Biasanya guru ketika mengajar hanya menggunakan metode ceramah atau metode yang monoton justru itu akan membuat siswa cepat bosan dan mudah jenuh sehingga pelajaran tidak di sukai siswa, mereka lebih menyukai pelajaran yang ketika guru mengajar menggunakan metode atau strategi yang membuat kelas menjadi hidup maka dari itu guru harus pintar-pintar menerapkan metode yang membuat siswa menyukai pelajarannya meskipun pelajaran itu sulit misalnya seperti pelajaran matematika, kebanyakan siswa tidak menyukai pelajaran matematika tetapi jika guru bisa menerapkan metode yang membuat anak senang maka mereka juga akan menyukai pelajaran tersebut.

Metode bernyanyi juga bisa diterapkan dalam mata pelajaran yang lainnya tidak hanya di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati, dan mengamalkan Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran latihan yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (pgn1/aro)

Guru SD Negeri 1 Nolokerto, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal





Tinggalkan Balasan