Modifikasi Passing Bawah Lima Kali Pantul

276
Oleh : Hadi Sucipto S.Pd
Oleh : Hadi Sucipto S.Pd

RADARSEMARANG.ID, PERMAINAN bola voli adalah cabang olahraga beregu yang dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu berjumlah enam orang pemain. Di setiap lapangan dipisah oleh net. Pantulan bola yang dimainkan boleh menggunakan seluruh anggota badan.
Maksud dan tujuan dari permainan ini adalah menjatuhkan bola di lapangan lawan melewati atas net dengan syarat pantulan sesuai dengan peraturan. Permainan dimulai dengan pukulan bola servis. Bola harus dipukul dengan satu tangan ke arah lapangan lawan melewati atas net.

Setiap regu dapat memainkan bola tiga kali pukulan untuk dikembalikan ke lapangan lawan. Kecuali pukulan pada saat membendung. Pemenang dalam pertandingan adalah regu yang terlebih dulu mencapai skore 25 kecuali dalam keadaan sama di angka 23-23. Regu yang memperoleh selisih 2 angka lebih tinggi sebagai pemenangnya.

Penguasaan teknik dasar merupakan hal terpenting dalam suatu cabang olahraga. Untuk dapat bermain bola voli dengan baik, teknik dasar bola voli harus betul-betul dikuasai terlebih dahulu karena merupakan pondasi dari proses gerak yang mampu meningkatkan keterampilan gerak bermutu tinggi. Keberhasilan dalam melakukan teknik dasar dengan baik akan menentukan kemenangan dalam pertandingan. Permainan bola voli yang berkualitas akan dapat dilihat. Syarat utama untuk dapat bermain bola voli adalah, bahwa pemain harus bisa melakukan servis dan passing bawah. Teknik servis dan passing bawah ini harus dikuasai dulu sebelum smash dan blocking.

Penggunaan metode drill dalam pembelajaran teknik passing bawah bola voli di SMP Negeri 3 Kendal sering menimbulkan masalah pada motivasi siswa untuk bergerak. Alasan lelah, panas atau minta untuk diberikan materi yang lain acapkali didengar. Oleh karena itu, perlu diciptakan situasi pembelajaran yang mampu membuat siswa belajar dengan senang dan dapat meningkatkan minat belajar, sehingga siswa tidak mencari alasan untuk tidak melakukan latihan, dan malas bergerak. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan modifikasi aturan permainan bola voli itu sendiri.

Permainan bola voli modifikasi dengan melakukan passing bawah 5 kali pantul untuk dikembalikan ke lapangan lawan. Bermain hanya menggunakan servis dan teknik passing bawah. Tidak menggunakan passing atas, smash maupun teknik blocking (membendung). Semua peraturan permainan dan perwasitan sama. Yang berbeda hanya penekanan pada dua hal, hanya boleh menggunakan servis dan passing bawah saja dan harus menggunakan kesempatan 5 kali passing dalam satu regu untuk mengembalikan bola ke lapangan lawan. Kesalahan yang dilakukan terhadap dua peraturan modifikasi tersebut merupakan satu pelanggaran dan perolehan angka untuk lawan.

Penerapan model pembelajaran permainan bola voli modifikasi dengan passing bawah 5 kali pantul untuk mengembalikan bola ke lapangan lawan ini, di SMP Negeri 3 Kendal mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar passing bawah kelas 9. Modifikasi permainan ini mampu meningkatkan minat belajar siswa, karena mereka melakukan latihan dengan bermain dan gembira. Menimbulkan kesadaran diperlukannya kerja sama dengan teman, menghormati lawan, mengetahui kemampuan teman, patuh pada peraturan, dan mengetahui kemampuan dirinya sendiri dalam aktifitas pembelajaran olahraga. Rasa panas berada di lapangan agak terlupakan karena perasaan senang yang ditimbulkan dari permainan yang lebih mendominasi. Mereka termotivasi bermain yang lebih baik lagi untuk dapat memenangkan pertandingan.

Model pembelajaran ini hanya merupakan alternatif yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran passing bawah bola voli di sekolah. Guru dapat juga mengembangkan dan melakukan modifikasi permainan ini untuk pembelajaran passing atas dengan penekanan boleh penggunakan passing bawah hanya pada penerimaan bola servis saja dan selanjutnya harus menggunakan passing atas. Model pembelajaran lain menunggu kreativitas guru sesuai dengan kondisi dan suasana belajar di sekolah tempat mengajar. (ikd2/ida)

Guru Pendjas Orkes SMP Negeri 3 Kendal





Tinggalkan Balasan