Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan dengan Audio-Visual

923
Oleh : Muh Bahrul Ulum, S.Pd.
Oleh : Muh Bahrul Ulum, S.Pd.

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional memiliki kedudukan yang sangat penting. Siswa harus menguasai bahasa Inggris dengan baik agar mampu berkompetensi di dunia Internasional. Pendek kata dunia menjadi terbuka, globalisasi dalam perdagangan maupun kegiatan sosial dan kegiatan lainnya tidak dapat kita hindari maka kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang sangat penting baik dari etika maupun penguasaan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.

Pemerintah telah menetapkan kurikulum 2013 yang terus diperbaiki dengan revisi untuk menekankan pentingnya penguasaan bahasa Inggris bagi siswa di berbagai jenjang pendidikan khususnya di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Menurut Kurikulum 2013 Pembelajaran bahasa Inggris di SMP meliputi empat keterampilan dasar berbahasa yaitu: membaca, menyimak, berbicara dan menulis. Semua itu didukung oleh unsur-unsur bahasa lainnya, yaitu: kosa kata, tata bahasa dan pronunciation sesuai dengan tema sebagai alat pencapai tujuan. Untuk itu sebagai guru bahasa Inggris kita harus mampu menyajikan pembelajaran yang menghasilkan siswa dengan penguasaan bahasa Inggris yang mumpuni sejalan dengan berbagai usaha pemerintah yang terus meningkatkan sarana dan prasarana dengan perbaikkan kurikulum yang terus dilakukan.

Pada faktanya pembelajaran bahasa Inggris yang selama ini dilakukan belum berjalan dengan semestinya, hal ini dapat dilihat dari berbagai hal antara lain: 1) Pembelajaran yang dilakukan guru belum menerapkan dengan keseluruhan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun. 2) Siswa belum berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. 3) Belum terlihat nyata adanya interaksi aktif antara guru dan siswa. 4) Belum terjadi interaksi antara siswa dengan siswa dalam berkolaborasi pada saat proses pembelajaran berlangsung. 5) Belum tercipta kesadaran pada siswa akan pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi, khususnya bahasa Inggris sebagai alat komunikasi Internasional. 6) Belum tumbuh kesadaran pada diri siswa untuk menerapkan bahasa Inggris dalam penguasaan berbicara dengan bahasa Inggris secara aktif.

Pembelajaran dengan kondisi di atas harus segera dicarikan solusi agar keberhasilan belajar siswa dapat dicapai dan tujuan pembelajaran terwujud dengan perbaikkan proses kegiatan belajar yang lebih memberi rangsangan dan stimulasi bagi siswa untuk menyadari arti pentingnya penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa universal yang digunakan secara Internasional. Untuk itu metode yang menggunakan Audio-Visual dirasakan dapat memberi solusi yang tepat mengingat beberapa kelebihan Audio Visual antara lain dengan: 1) Menyimak secara lebih baik yaitu melalui pendengaran (audio) dan penglihatan (visual) memperbanyak kosa kata yang dikuasai. 2) Menyimak melalui pendengaran (audio) dan penglihatan (visual) maka siswa dapat menyerap informasi cara-cara pengucapan kosa kata yang benar dan tepat. 3) Menyimak melalui pendengaran (audio) dan penglihatan (visual) membuat suasana yang lebih santai dan menarik perhatian sehingga pembelajaran dapat diterima dengan lebih mudah. 4) Menyimak melalui pendengaran (audio) dan penglihatan (visual) membuat memberikan nuansa baru dalam pembelajaran yang lebih aktif melalui pola interaksi dan kolaborasi yang lebih intens.

Mari bapak/ibu guru kita terapkan Metode Pembelajaran dengan Audio Visual agar belajar bahasa Inggris menyenangkan dan bermakna bagi kehidupan siswa untuk masa depan yang gemilang. (pkl1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Taman, Pemalang

Tinggalkan Balasan