Poster Comment Tingkatkan Keaktifan Siswa pada Materi Kemajuan Iptek

157
Oleh: Siti Aminatun, S.Pd
Oleh: Siti Aminatun, S.Pd

RADARSEMARANG.ID,KEJENUHAN terkadang menyelimuti siswa apabila model pembelajaran monoton. Siswa akan menganngap itu itu dan itu terus. Karena anak mempunyai anggapan seperti itu maka saya selaku pengampu untuk memberikan model yang berbeda sehingga anak tidak jenuh. Dengan beban belajar yang cukup tinggi dan menguras tenaga dan fikiran yang ekstra maka siswa terkadang punya keinginan yang baru. Sesuatu yang baru apabila dilaksanakan dengan bijak didalam proses pembelajaran akan menggugah minat siswa untuk melakukan hal-hal yang positif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Dalam materi pengaruh kemajuan iptek terhadap politik,ekonomi, sosial budaya dan hukum di kelas XII IPS 1 SMA N 1 Pegandon maka saya menggunakan model yang selama ini belum pernah saya gunakan yaitu dengan Poster Comment. Ternyata siswa sangat antusias untuk mencari gambar-gambar sesuai dengan kelompok materi masing-masing. Sehingga pembelajaran kemajuan iptek terhadap aspek politik ekonomi sosial budaya dan hukum berjalan dengan tingkat keaktifan siswa yang cukup tinggi. Sehingga dengan waktu yang sudah ditentukan siswa dapat berdiskusi dengan baik. Adapun siswa dikelompokkan menjadi kelompok politik ekonomi sosoal budaya dan hukum. Siswa mencari gambar sesuai dengan kelompok masing-masing. Siapkan untuk di tempel pada manila dan di beri komentar sesuai dengan kemampuan siswa masing-masing. Disitu akan ditemukan ide-ide yang bagus serta kreatifitas untuk membuat bentuk dan model menempelnya. Seiring dengan ide-ide yang bermunculan maka nanti dalam diskusi akan di tanggapi oleh kelompok yang lain. Guru mengamati dan memberikan solusi bila ada hal-hal yang diperlukan.

Dari model itulah siswa mampu untuk memberikan komentar sesuai dengan yang mereka alami dalam kondisi saat ini. Siswa juga telah banyak memperoleh informasi dari adanya media cetak maupun elektronik seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Siswa banyak merasakan perubahan pada semua aspek kehidupan. Dan banyak juga siswa yang sudah mengambil keuntungan dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini. Misalnya saja dengan jual beli online, jasa grab , brossing dan lain sebagainya. Sehingga ketika siswa melihat gambar mereka mampu untuk memberikan tanggapan sesuai dalam aspek masing-masing. Cara seperti ini kelihatan lebih mudah bagi siswa untuk mengingat isi materi sesuai dengan kompetensi yang sedang di bahas.

Ternyata seluas apapun materi pembelajaran apabila diiringi dengan model yang tepat akan membawa makna bagi siswa yang sangat tinggi. Dengan model pembelajaran yang menyenangkan Siswa menjadi lebih aktif, kreatif dan berdiskusi dengan semangat yang tinggi pula. Dengan adanya pembelajaran yang seperti ini mudah-mudahan dapat meningkatkan semangat belajar, kreativitas dan keaktifan siswa dalam pembelajaran mendatang . sehingga siswa akan lebih menyukai dan dan menanti-nanti pembelajaran untuk materi yang akan datang. Tentunya dengan harapan dapat meningkatkan capaian kompetensi pada mata pelajaran PPKn kelas XII IPS 1 pada khususnya dan kelas XII pada umunya. Semangat berkreasi. (ikd1/zal)

Guru Mapel PPKn SMAN 1 Pegandon, Kendal





Tinggalkan Balasan