Picture and Picture dalam Pembelajaran Teks Recount

281
Oleh: Eny Sri Sulistyowati, S.Pd.
Oleh: Eny Sri Sulistyowati, S.Pd.

RADARSEMARANG.ID, PROSES pembelajaran disekolah terpadu,dan terkondinasi secara sistematis dengan standar dan ukuran evaluasi yang jelas dan tegas. Proses pembelajaran disekolah merupakan satu kesatuan utuh.Kurikulum yang ada harus berhubung secara sistematis dengan metodologi pembelajaran yang digunakan.

Sebagian besar masalah yang dihadapi dalam mengajar adalah kurikulum dan metodologi pembelajaran.Kurikulum berfungsi sebagai kompas dalam arti penentu arah jalannya proses pembelajaran yang digunakan. Sementara Metodologi Pembelajaran adalah ujung tombaknya kurikulum tidak akan dapat berjalan dengan baik dan benar ,jika tidak diikat oleh sistem dan metodologi pembelajaran yang sistematis dan terpadu. Kemampuan siswa lebih banyak diisi dengan ilmu dan pengetahuan yang dimiliki guru,bukan objek asli dari ilmu dan pengetahuan sendiri. Warna dan kemampuan dasar murid dan kemampuan dasar guru. Semua aspek baik dari segi motorik,kognitif,maupun afektif terjadi.

Dari persoalan itu guru mencoba berbagai metode atau model pembelajaran untuk mengajar di SMP Negeri 3 Kendal mata pelajaran bahasa inggris dengan model pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran teks recount. Dengan model tersebut peserta didik bisa berperan aktif dan menyenangkan selama proses pembelajaran. Karena model tersebut merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif.

Model pembelajaran Picture and Picture dalam teks recount merupakan sebuah model dimana guru menggunakan alat bantu atau media gambar untuk menerangkan sebuah materi atau memfasilitasi siswa untuk aktif belajar. Dengan menggunakan alat bantu atau media gambar diharapkan siswa mampu mengikuti pelajaran dengan aktif dan menyenangkan,sehingga apapun pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik dan mampu meresap dalam hati,serta dapat diingat kembali.Pembelajaran ini memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Inovatif setiap pembelajaran harus memberikan sesuatu yang baru, berbeda dan selalu menarik minat siswa.Dan kreatif, setiap pembelajarannya harus menimbulkan minat kepada siswa untuk menghasilkan sesuatu atau dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan metode, teknik atau cara yang dikuasai oleh siswa itu sendiri yang diperoleh dari proses pembelajaran. Gambar yang baik digunakan dalam pembelajaran adalah gambar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Gambar-ganbar ini menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu harus dipenuhi tiga syarat. Pertama, Otentik;gambar tersebut haruslah secara jujur melukiskan situasi, seperti melhat benda sebenarnya. Kedua, Sederhana; Komposisi hendaknya cukup jelas dalam menunjukkan poin-poin pokok yang terdapat pada gambar. Ketiga, Memiliki Nilai Seni; Sebagai media yang baik,gambar hendaklah bagus dari sudut seni. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan dalam bentuk kartu atau dalam bentuk carta dalam ukuran besar.

Langkah-langkah dalam model tersebut, Pertama guru menyampaikan kompetensi dasar mata pelajaran. Dengan demikian,siswa dapat mengukur sampai sejauh mana kompetensi yang harus mereka kuasai atau dicapai. Disamping itu, guru harus menyampaikan indikator-indikator ketercapaian kompetensi tersebut untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa dalam mencapainya. Kedua guru menyajikan materi umum sebagai pengantar dan memotivasi siswa yang kemungkinan beberapa yang belum siap.Ketiga guru menyajikan gambar dan mengajak siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajarandengan mengamati setiap gambar yang ditunjukkan.Keempat ,pada tahap ini guru menunjuk/memanggil/dengan undian.Kelima ,guru menanyakan kepada siswa tentang alasan pemikiran dari urutan gambar yang disusun. Keenam ,berdasarkan komentar data penjelasan atas urutan gambar-gambar,dan guru bisa memulai menjelaskan lebih lanjut sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.Ketujuh,guru dan siswa bersama .

Dalam pembelajaran dengan memakai model Picture and Picture di Smp Negeri 3 Kendal guru lebih mengetahui kemampuan masing-masing siswa,sedangkan untuk siswa lebih cepat menangkap materi ajar karena guru menunjukkan gambar sesuai materi, meningkatkan daya pikir dan tanggung jawab siswa, serta pembelajaran lebih berkesan. (ikd2/zal)

Guru Bahasa Inggris SMPN 3 Kendal

Tinggalkan Balasan