Mudah Menentukan Gagasan Utama dengan CIRC

2921
Oleh Dra.Tufakhah
Oleh Dra.Tufakhah

RADARSEMARANG.ID, Salah satu Kompetensi Dasar pembelajaran bahasa Indonesia pada kurtilas( kurikulum tiga belas) yaitu mengidentifikasi informasi teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah yang didengar dan dibaca (KD 3.5 kelas 8).Untuk mengidentifikasi informasi teks tersebut diperlukan keterampilan menentukan gagasan utama tiap paragraf.Kemampuan menentukan gagasan utama bagi peserta didik kelas 8 SMP Negeri 2 Warungasem masih rendah. Hal ini terbukti dengan hasil tes masih di bawah KKM (70) yaitu nilai rata-rata 60. Karena itu perlu dicari solusi untuk meningkatkan kemampuan menentukan gagasan utama pada teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah.

Gagasan utama/ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Gagasan utama terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama bisa terletak di awal, akhir, awal dan akhir, serta menyebar di seluruh paragraf. Gagasan utama bisa dicari dengan membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu dan dilanjutkan dengan menentukan inti paragraf tersebut.

Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Teks eksposisi sebagai jenis atau ragam teks yang memiliki fungsi menyampaikan gagasan-gagasan berupa pemikiran tentang suatu topik. Paragraf eksposisi berupa ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi.

Salah satu solusi menentukan gagasan utama dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode ini merupakan bagian metode kooperatif yang komprehansif atau luas dan lengkap untuk pengajaran membaca dan menulis kelas tinggi. Dalam CIRC, siswa dikelompokkan berdasarkan perbedaan masing-masing sebanyak empat orang. Mereka telibat ke dalam rangkaian kegiatan bersama, termasuk saling membaca satu dengan yang lainnya, menulis tanggapan cerita, saling membuatkan ikhitisar, berlatih pengerjaan, serta berlatih perbendaharaan kata (Suyatno 2004:35).

Langkah-langkah pembelajaran dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebagai berikut : pertama, guru membentuk 4 orang yang secara heterogen; kedua, guru memberikan wacana sesuai topik pembelajaran; ketiga, peserta didik bekerja sama saling membacakan dan menentukan gagasan utama dan memberi tanggapan terhadap wacana serta ditulis pada lembar kertas; keempat, mempresensikan/membacakan hasil kerja kelompok; kelima, guru membuat simpulan bersama dan menutup.

Kemampuan menentukan gagasan utama dalam teks bacaan dengan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terbukti mampu meningkatkan hasil tes terkait kemampuan menentukan gagasan utama pada teks eksposisi berupa artikel ilmiah populer dari koran/majalah oleh peserta didik kelas 8 SMP N 2 Warungasem. Sebelum menggunakan metode CIRC diperoleh nilai rata-rata 60 dan setelah menggunakan metode CIRC bisa mencapai nilai rata-rata 75.

Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebagai alternatif metode pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menentukan gagasan utama pada teks bacaan yang bisa digunakan oleh guru. Melalui CIRC siswa dapat memberikan tanggapan secara bebas dan dilatih untuk bekerja sama serta menghargai pendapat orang lain. (pkl1/ton)

Guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Warungasem Batang





Tinggalkan Balasan