Motivasi Kepala Sekolah Bentuk Karakter di Sekolah Dasar

148
Oleh: Ngatini, S.Pd.
Oleh: Ngatini, S.Pd.

RADARSEMARANG.ID, Kepala sekolah adalah seorang pemimpin di suatu lembaga sekolah dasar (SD), menengah (SMP), maupun sekolah atas (SMU/SMK). Seorang kepala sekolah harus mampu menciptakan suasana sekolah yang kondusif dalam upaya meningkatkan kemajuan di sekolah yang dipimpinnya. Seorang kepala sekolah harus memiliki jiwa peduli yang tinggi demi keberhasilan sekolah yang dikelolanya. Demikian juga yang dilakukan oleh kepala SDN 1 Candiroto Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Demi meningkatnya prestasi sekolah dan kemajuan sekolah, kepala sekolah berupaya dengan segala strategi. Salah satu strategi kepala sekolah dengan cara memberi motivasi bagi segenap anggota SDN 1 Candiroto.

Motivasi mengacu kepada jumlah kekuatan yang menghasilkan, mengarahkan dan mempertahankan usaha dalam perilaku tertentu. Motivasi adalah konsep ringkasan yang kita gunakan untuk menjelaskan pola perilaku tertentu yang diamati. Motivasi kerja adalah sesuatu yang menimbulkan dorongan atau semangat kerja. Atau dengan kata lain pendorong semangat kerja (Indy Dan Handoyo, 2013). Sebuah pekerjaan dapat melahirkan tiga keadaan psikologis dalam diri seorang karyawan yakni mengalami makna kerja, memikul tanggung jawab akan hasil kerja serta pengetahuan akan hasil. Motivasi kerja adalah dorongan terhadap individu untuk melakukan pekerjaan dengan baik untuk mencapai tujuan tertentu, dalam hal tujuan dari pendidikan.

Motivasi kerja merupakan usaha yang dapat menimbulkan, mengarahkan, dan memelihara perilaku individu sesuai lingkungan kerja. Jadi untuk memperoleh motivasi kerja yang diinginkan maka kepuasan kerja harus ditingkatkan lebih baik, sistematis, berencana dan terus-menerus untuk mengimbangi kondisi dari lingkungan yang selalu membutuhkan tugas kerja yang cakap dan siap dalam menghadapi berbagai tantangan dan masalah-masalah yang timbul sehingga mampu memegang tanggungjawabnya masing-masing. Motivasi kerja merupakan masalah yang kompleks dalam lembaga atau organisasi, karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota/ karyawan berbeda.

Demi meningkatkan motivasi kerja di lingkungan SDN 1 Candiroto, kepala sekolah memotivasi kerja semua karyawan dengan cara membuat langkah-langkah sebagai berikut: 1) Kepala memberi teladan yang baik, seperti: berangkat lebih awal, dan berbicara santun di sekolah baik di depan guru maupun siswa, 2) Menciptakan lingkungan sekolah yang baik, misalnya dengan membiasakan kepala sekolah berjabat dengan semua guru, dan berbicara maupun berperilaku santun di lingkungan sekolah, 3) Memberikan sikap terbuka tentang sesuatu hal yang berkaitan dengan kebutuhan sekolah, 4) Memberi kesempatan kepada guru untuk meningkatkan potensi diri melalui diklat profesi, 5) Memberikan penghargaan (reward) kepada guru maupun siswa yang berprestasi atau mampu membawa nama baik sekolah baik tingkat, kecamatan, kabupaten, propinsi, ataupun secara nasional bahkan internasional bila memungkinkan.

Setelah kepala sekolah SDN 1 Candiroto menjalankan langkah-langkah motivasi tersebut ternyata mampu memotivasi semua guru, siswa dan karyawan baik dalam kegiatan pembelajaran maupun pergaulan di lingkungan sekolah. Semangat keakraban semakin tercipta bahkan karakter guru, siswa dan karyawan terbentuk. (pgn2/ton)

Kepala SDN 1 Candiroto Kabupaten Kendal





Tinggalkan Balasan