Aplikasi Smart Program Pengendali Rangkaian Listrik

94
Oleh : Muhammad Alfian S.Pd
Oleh : Muhammad Alfian S.Pd

RADARSEMARANG.ID, ERA industri 4.0 menekankan pada kecerdasan buatan (artificial intelligence), big data, robotik dan sebagainya. Fenomena ini dikenal dengan nama inovasi disruptif (Clayton Christensen, 1997) yaitu suatu fenomena pekerjaan manusia sedikit demi sedikit mulai digantikan oleh mesin atau robotik. Di sisi lain manusia dituntut untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan cara memiliki kompetensi di bidang pekerjaannya. Manusia harus lebih unggul dalam hal mengerjakan yang tidak bisa dikerjakan oleh mesin yang notabene buatan manusia.

Sekolah Menengah Kejuruan tak terkecuali SMKN 2 Kendal adalah sekolah pencetak generasi muda dengan berbekal kompetensi keahliannya untuk siap bekerja. Oleh karenanya, dalam kegiatan belajar mengajar, peserta didik diharapkan dapat berpikir independen, kreatif, bekerjasama, dan kepedulian pada orang lain. Kreativitas menjadi kemampuan unik peserta didik sebagai modal dasar untuk terus berinovasi atau menemukan hal-hal yang bermanfaat. Kreatif dan terasah akan tercipta jika ditunjang oleh teknologi pengajaran yang tepat serta proses penyampain materi ajar yang efektif dan efisien. Dengan demikian peserta didik dapat memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dalam bidang keilmuannya.

Penggunaan komputer dipadukan dengan piranti lainnya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam teknologi pengajaran otomasi industri. Hal ini dikarenakan komputer dapat dimasukkan perangkat lunak atau software pendukung dalam menyelesaikan pekerjaan yang dihadapinya. Pada pembelajaran pengendali rangkaian listrik terdapat salah satu software aplikasi untuk menggerakkan mesin atau robot bernama Zeliosoft. Platform ini dipadukan dengan smartrelay sebagai piranti penghubung ke mesin atau robot dari vendor Schneider Telemecanique. Keunggulan smartrelay ini adalah terdapat layar tampilan program serta konstruksi yang lebih kecil dan ringan jika dibandingkan dengan buatan Omron Industrial di kelasnya.

Pembuatan program Zeliosoft pengendali rangkaian listrik dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pertama menggunakan laptop (PC) yang sebelumnya telah diinstall software aplikasinya, kedua menggunakan smartrelay itu sendiri yang sudah terdapat keypad untuk penginputan dan layar tampilan programnya. Pemrograman menggunakan laptop akan berfungsi jika telah dipindahkan ke smartrelay terlebih dahulu melalui kabel data. Langkah selanjutnya adalah memasang rangkaian kelistrikan pada kotak panel pengendali. Kotak panel pengendali ini terdiri atas rangkaian kontrol, rangkaian komisioning dan rangkaian daya, selanjutnya menuju ke beban listrik berupa mesin atau robot sebagai pengerak.

Home Industrial biasanya menggunakan pemrograman untuk proses produksi, small finishing dan packaging. Mesin yang digunakan berskala kecil hingga besar. Sedangkan sektor komersial biasanya pemrograman untuk alat penggulung, pintu masuk serta sistem automasi instalasi kelistrikan.

Smartrelay pengontrol dirancang berbasis mikroprosesor yaitu memanfaatkan memori yang diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi aturan tertentu. Mengimplementasikan fungsi-fungsi khusus seperti fungsi logika, sequencing, pewaktuan (timing), pencacahan (counting) dan aritmatika yang bertujuan untuk mengontrol mesin-mesin serta proses-proses yang akan dilakukan secara otomatis dan berulang-ulang. Pengontrolannya dirancang sederhana sehingga mudah diprogram dan dioperasikan oleh nonprogrammer sekalipun.

Oleh karenanya, perancang Smartrelay Schneider Telemecanique menempatkan sebuah program awal (interpreter) di dalam pirantinya dan memungkinkan pengguna menginput program-program kontrol sesuai dengan kebutuhan mereka. Program-program tersebut dapat dijalankan dengan bentuk bahasa pemrograman yang relatif sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu program-program tersebut juga dapat diubah atau diganti dengan mudah sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Dengan demikian, vendor ini dirancang untuk smartrelay dan pengguna yang smart. (pgn2/ida)

Guru Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Kendal





Tinggalkan Balasan