Pahami Uang dan Bank dengan Kuis Suka-Suka

116
Oleh : Sawitri Retno Umirin, S.Pd
Oleh : Sawitri Retno Umirin, S.Pd

RADARSEMARANG.ID, MERDEKA belajar dengan memakai metode pembelajaran berbasis permainan merupakan salah satu pilihan dalam proses tranfer ilmu sehingga menjadi menarik bagi siswa . Di harapkan siswa lebih antusias untuk belajar menyerap materi Uang dan Bank sesuai K.D 3.6 Mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonoian Indonesia. Mapel ekonomi kelas x semester genap di SMAN 1 Rowosari tahun pelajaran 2019/2020. Ketertarikan saya di dalam memakai metode Kuis Suka-suka (KSS) di harapkan bisa menyerap pemahaman siswa yang lebih mendalam mencapai tujuan pembelajaran di bandingkan metode lain yang kurang diminati oleh siswa yang sudah jenuh terhadap banyaknya tugas dari mata pelajaran lainnya.

Model pembelajaran Kuis Suka-Suka(KSS) merupakan salah satu model pembelajaran Kooperatif yang melibatkan kelompok kelompok kerja siswa untuk bermain bersama dalam satu grup yang terdiri dari 5-8 siswa yang bertujuan mencapai tujuan pembelajaran. Kuis Suka-Suka (KSS) adalah model pembelajaran berbasis permaian diantaranya pembelajaran bermain warna, kartu gambar, suara/bernyanyi/ yel-yel dan lain lain.

Kuis Suka-Suka di mulai dengan membagi siswa dalam kelompok/ regu yang terdiri 5-8 anak. Kemudian satu regu dan regu lainnya mulai berkelompok dan mencari tempat yang nyaman untuk mulai membuat data-data materi Uang dan Bank. Dengan cara membuat pertanyaan-pertanyaan yang di tulis pada kertas arturo warna warni berukuran 15×20 cm. Satu kartu untuk pertanyaan dan satu kartu lagi untuk jawaban nya.

Permainan di mulai dari satu regu maju kedepan kelas sesuai undian yang dikocok untuk presentasi dengan memperkenalkan kelompoknya. Soal di bacakan dengan durasi waktu yang telah di sepakati bersama satu regu cukup dengan waktu 5 menit saja untuk berebut 10 soal yang di lontarkan regu pertama. Soal Hots di lontarkan oleh kelompok satu ke regu yang lain (Regu A,B,C). Pertanyaan demi pertanyaan di bacakan dan di jawab dengan mengangkat tangannya terlebih dahulu, teman yang lainnya menyemangati dengan bertepuk tangan. Jika regu ada yang tidak dapat menjawab maka dapat di lempar kepada regu yang lainnya dengan cara mengangkat tangan (untuk rebutan). Pertanyaan di jawab pertama dengan benar dapat point 2. Jika tidak dapat menjawab peserta regu yang lain dapat merebutnya dan dapat point 2. Jawaban yang salah baik oleh kelompok yang di tanya atau lemparan ke regu yang lainnya tidak memperoleh point.

Akhirnya setelah semua regu telah maju dan melontarkan daftar pertanyaan dan menjawab pertanyaan skor dapat dijumlahkan. Kelompok yang memperoleh nilai tertinggi akan memeperoleh hadiah (reward) kejutan dari bu Guru. Sedangkan regu yang mempunyai nilai yang rendah dapat diberikan hukuman untuk menyanyi menghibur teman-temannya yang lain.Atau hukuman sesuai kesepakatan bersama. Permainan Kuis Suka-Suka ini di dapatkan suasana yang menghibur di atas kejenuhan. Pada permainan Kuis Suka-Suka ini juga ada unsur kolaborasi, kooperatif, kerjasama, dan kreatifitas. Pada permainan ini juga di ciptakan kompetisi antar regu untuk memotivasi siswa agar belajar lebih giat dan semangat. Suara sorak sorai juga dapat menghibur dengan adanya yel-yel yang di tampilkan antar regu.

Dengan demikian siswa dapat mengamati, mengalami, dan mempelajari sendiri secara langsung dan bahagia bersama kelompoknya/regunya. Dan dapat di harapkan adanya merdeka belajar di dunia pendidikan era 4.0. Allah knows the best. (pgn1/zal)

Guru Mapel Ekonomi SMAN 1 Rowosari

Tinggalkan Balasan