Menumbuhkan Kewirausahaan melalui Market Day

123
Oleh : Faizatur Rohmah, S.Pd.
Oleh : Faizatur Rohmah, S.Pd.

RADARSEMARANG.ID, Era globalisasi mendorong setiap negara untuk meningkatkan kualitas pendidikannya agar mampu bersaing di tengah pesatnya kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Project-based learning adalah sebuah model atau pendekatan pembelajaran yang inovatif, yang menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks (Cord, 2001; Thomas, Mergendoller, & Michaelson, 1999; Moss, Van-Duzer, Carol, 1998). Model project based learning market day adalah sebuah model pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan siswa untuk merekonstruksi pengetahuan, keterampilan dan mengkulminasikan dalam produk nyata serta memasarkan produknya kepada teman, guru, dan masyarakat sekitar melalui kegiatan bazar atau pasar yang diselenggarakan oleh sekolah. Project Based Learning Market Day ini dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS, Kewirausahaan, di SMP 2 Kedungwuni.

Enam langkah grand design pelaksanaan model project based learning market day adalah : Pertama, menentukan pertanyaan atau permasalahan paling mendasar yang akan digunakan sebagai sebuah proyek dilakukan guru, misalnya pada pembelajaran IPS materi kewirausahaan. Pada tahap ini guru menayangkan video tentang aktivitas yang terdapat pada suatu pasar tradisional .siswa dapat menyimpulkan dan menceritakan kembali dari tayangan vidio tersebut. Kedua, pada tahap ini guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk membuat business plan (perencanaan bisnis). Setiap kelompok menentukan jenis produk yang akan dibuat, bahan-bahan yang diperlukan, cara pembuatan produk, nama produk, sasaran konsumen dan strategi pemasaran serta iklan market day. Ketiga, menyusun jadwal pelaksanaan proyek “Market Day”. Penyusunan jadwal diperlukan untuk memastikan tahap-tahap proyek terlaksana dengan baik dan tepat waktu. Dengan membuat time schedule, semua kegiatan siswa mulai dari persiapan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi proyek tercatat dan terjadwal sesuai dengan yang diharapkan. Keempat, memonitor kemajuan proyek. Pada tahap ini guru memantau dan memberikan masukan kepada masing-masing kelompok dalam mempersiapkan proyek market day. Tahap ini termasuk tahap akhir persiapan sebelum market day dilaksanakan. Kelima, menguji proses dan hasil. Tahap ini merupakan tahapan inti dari pembelajaran model project based learning “market day” karena pada tahap inilah pelaksanaan market day dilaksanakan. Pada tahap pelaksanaan, setiap kelompok melakukan pengaturan display stand dan produk yang dibuat, dan kemudian melaksanakan praktik market day pada saat jam istirahat dengan melayani pembeli produk mereka dari siswa, guru, dan karyawan. Keenam, dan merupakan tahap terakhir model project based learning “Market Day” adalah mengevaluasi pelaksanaan proyek market day.

Kegiatan market day diikuti para siswa, disadari ataupun tidak, mampu menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan soft skill di bidang kewirausahaan. Selain itu kegiatan market day siswa mendapat pengalaman baru atau kesan yang sangat berharga. Dan di akhir kegiatan guru mengumpulkan semua siswa serta mengevaluasi semua kegiatan market day pada hari itu juga , tidak lupa guru memberikan apresiasi kepada siswa yang telah berhasil melaksanakan proyek membuat pasar sederhana dengan memberikan reward pada kelompok terbaik 1, 2, 3. (pkl1/ton)

Guru IPS SMP 2 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Tinggalkan Balasan