Belajar Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup dengan Media CD Interaktif

327
Oleh: Fitriani Sulistyorini, S.Pd.
Oleh: Fitriani Sulistyorini, S.Pd.

RADARSEMARANG.ID, Pemerintah telah memberlakukan kurikulum baru yang disebut dengan Kurikulum 2013 yang dimulai tahun pelajaran 2013/2014, dan merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang menekankan pembelajaran berbasis aktivitas. Untuk memperkuat hal tersebut maka perlu adanya pendekatan ilmiah (scientific), tematik terpadu (tematik antar mata pelajaran), dan tematik (dalam suatu mata pelajaran). Selain itu perlu diterapkan pembelajaran berbasis penyingkapan/ penelitian (discovery/inquiry learning) yang bisa mendorong kemampuan peserta didik menghasilkan karya kontekstual, baik individual maupun kelompok. Karakteristik proses pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik kompetensi. Pembelajaran tematik terpadu di SD/MI/SDLB/Paket A disesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik (Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah).

Berdasarkan temuan Depdiknas (2008:51) dari hasil penelitian menyebutkan bahwa pemahaman tentang pembelajaran terpadu guru Sekolah Dasar masih kurang. Dalam proses pembelajaran kemampuan dalam menggunakan alat peraga/ media pembelajaran juga masih kurang. Guru belum menggunakan alat peraga dalam mengajar di depan kelas sehingga proses dan hasil pembelajaran kurang optimal.

Pada pembelajaran tema 1 materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III SD Negeri Srondol Wetan 05, peserta didik hanya diam dan cenderung tidak paham ketika guru memberikan pertanyaan seputar materi. Peserta didik nampak kurang tertarik dan cenderung pasif dalam pembelajaran. Hal ini terjadi karena saat pembelajaran guru menyajikan pembelajaran tematik masih kurang dalam mengaitkan antar mata pelajaran, sehingga belum nampak jelas juga tema-tema yang diarahkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Guru belum memfasilitasi peserta didik untuk memproses informasi sesuai dengan daya pikir mereka dan mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran. Guru juga belum nampak memanfaatkan media pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran menjadi kurang menyenangkan. Maka salah satu mengatasi permasalahan pembelajaran tematik tersebut adalah dengan memanfaatkan media CD Interaktif.

Menurut Indriana (2011:116) CD interaktif merupakan media pengajaran yang sangat menarik dan paling praktis penyelesaian dengan media komputer. Media komputer dengan menggunakan CD ini bersifat interaktif, yang dapat menerima respon balik dari anak didik sehingga mereka secara langsung belajar dan memahami materi pengajaran yang disediakan. Karena CD interaktif merupakan CD yang mengkombinasikan beberapa media pembelajaran (audio, video, teks, atau grafik) yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah atau perilaku alami dari suatu presentasi.

Adapun kelebihan CD Interaktif adalah : 1) dapat menayangkan informasi dalam bentuk teks dan grafik; 2) interaktif dengan peserta didik; 3) dapat mengelola laporan atau respon peserta didik; 4) dapat mengontrol hardware media lain; 5) dapat dihubungkan dengan video uuntuk mengawasi kegiatan belajar peserta didik. Jadi, media CD Interaktif merupakan salah satu alternatif yang menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran di kelas, karena bisa menyajikan materi berupa audio, video, teks, atau grafik dengan pengendalian komputer kepada penonton (peserta didik) yang tidak hanya mendengar dan melihat saja, tetapi juga memberikan respon yang aktif sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di kelas.

Dengan memanfaatkanan media CD Interaktif dalam proses pembelajaran, maka guru sangat terbantu menyampaikan pesan belajar kepada peserta didik guna mengoptimalkan daya serap peserta didik, sehingga tujuan dan hasil belajar yang maksimal bisa tercapai. (by2/aro)

Guru Kelas III SD Negeri Srondol Wetan 05 Semarang





Tinggalkan Balasan